Memotong Kuku

Potong-kuku-bayi
Memotong kuku
Memotong kuku baik kuku tangan maupun kaki juga merupakan sunnah fitrah. Dan sunnah dalam cara memotongnya dengan cara tidak berurutan karena sabda Nabi SAW berikut ini:

( مَنْ قَصَّ أَظَافِرَهُ مُخَالِفًا لَمْ يَرَ فِيْ عَيْنِهِ رَمَدًا ( رواه ابن قدامة
Barang siapa yang memotong kukunya dengan cara tidak berurutan atau secara berlawanan maka tidak akan mengalami sakit mata. (HR. Ibnu Qudaamah)

Berbeda pendapat ulama’ mengenai maksud Nabi Sholallohu ‘Alaihi Wasallam dalam hal memotong kuku secara berlawanan atau tidak berurutan.

Imam Ghozali Radiallahu ‘Anhu berpendapat bahwa yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah dengan cara memotongnya pada tangan dimulai dari jari telunjuk kanan lalu jari tengah kemudian jari kelingking dan begitu seterusnya berjalan ke arah kanan hingga berakhir pada ibu jari dari kanan.
Sedangkan Imam Nawawi Radiallahu ‘Anhu berpendapat bahwa cara memotongnya dimulai dari jari telunjuk lalu jari tengah hingga jari kelingking kemudian baru ibu jaritangan kanannya, sedangkan pada tangan kiri dimulai dari jari kelingkingnya lalu jari manis kemudian jari tengah lalu jari telunjuk dan berakhir pada ibu jari tangan kirinya.
Dan ada pula para ulama’ yang berpendapat dalam cara memotongnya dengan cara dimulai dari tangan kanannya dengan cara memotong kuku jari kelingking dahulu kemudian jari tengah lalu ibu jari setelah itu jari manis dan berakhir dengan kuku dari jari telunjuk sedangkan dari tangan kiri dengan cara dimulai dari ibu jari lalu jari tengah kemudian jari kelingking setelah itu jari telunjuk dan terakhir kuku dari jari manis.
Adapun dalam cara memotong kuku dari kaki adalah dengan cara memotongnya dimulai dari jari kelingking kaki kanan kearah kiri dan berakhir pada kelingking kaki yang sebelah kiri.
Dan hendaknya memotong kuku setiap kali kuku tersebut mulai tampak panjang dan makruh hukumnya mengakhir-kannya sampai lebih dari 21 hari.
Dan sunnah hukumnya memotongnya setiap hari senin atau kamis atau jum’at pagi, dan disunnahkan setiap setelah selesai memotong kuku hendaknya mencuci jari-jarinya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*