Website Resmi Habib Segaf Baharun

Ayo Sempurnakan Ramadhanmu dengan 4 Doa ini !

DOA-DOA KHUSUS RAMADLAN

 

Berdoa merupakan suatu ibadah, bahkan intinya ibadah.Sebagaimana firman Allah SWT.:

أُدْعُوْنِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya: “Berdoalah KepadaKu niscaya Aku kabul-kan untukmu”.

 

Bahkan Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada yang dapat merubah ketentuan Allah atas hamba-hambaNya kecuali doa.

Maka pada bulan Ramadlan, lebih dituntut dari kita untuk selalu berdoa. Karena pada bulan tersebut Allah SWT. lebih mencurahkan rahmat serta maghfirahNya kepada hamba-hambaNya. Oleh karena itu, jangan buang kesempatan tersebut dengan selalu kita berdoa pada hari-hari dalam bulan Ramadlan ini. Terutama di saat-saat tertentu ketika berbuka setelah shalat tarawih dan lain-lain.

Di sini saya kumpulkan beberapa doa yang berkenaan dengan bulan Ramadlan yang datang dari lidah yang mulia Rasulullah SAW atau para Sahabatnya serta para Salafuna Assoleh. Karena sebaik-baik doa adalah yang dituntun oleh Al Qur’an, lalu oleh Rasulullah SAW, lalu yang datang dari para Sahabatnya serta para Salafuna Assoleh.

 

Doa Ketika Melihat Bulan Ramadlan

 

  1. Doa Imam Ali Karramallah Wajhah:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنَا خَيْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَنُوْرَهُ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami kebaikan bulan itu dan keberkahan serta cahayanya, dan kami berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan setelahnya”.

 

  1. Doa Sahabat Ibnu Umar Ra:

اَلله أَكْبَرُ، اَللّهُمَّ أَهِّلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبِّي وَرَبُّكَ الله

Artinya: “Allah Maha Besar, ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan keberkahan dan keimanan, keselamatan dan keislaman serta taufik untuk melakukan apa yang Engkau senangi dan ridloi. Allah Tuhanku dan Tuhanmu (bulan)”.

 

  1. Doa Imam Husain bin Ali Ra.

اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ شَهْرَ بَرَكَةٍ وَنُوْرًا وَأَجْرًا وَمُعَافَاةً وَرِضْوَانًا مِنَ الرَّحْمنِ، وَجِوَارًا مِنَ الشَّيْطَانِ، اَللّهُمَّ إِنَّكَ قَاسِمٌ فِيْهِ بَيْنَ عِبَادِكَ خَيْرًا، فَاقْسِمْ لَنَا مِنْ خَيْرِ مَا تَقْسِمُ بَيْنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah bulan itu bulan yang penuh dengan keberkahan dan cahaya, bulan yang penuh dengan pahala dan kebaikan, bulan yang akan kita dapatkan di dalamnya kerelaan Ar Rahman dan perlindungan dari syaithan. Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang memberikan kebaikan kepada hamba-hambaMu pada bulan ini, maka berilah kami dengan sebaik-baik kebaikan yang Engkau berikan di antara hamba-hambaMu yang sholeh”.

 Doa Ketika Berbuka Puasa

  1. Doa Ibnu Abbas Ra.:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ فَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْم

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa dan atas rizkiMu aku berbuka, kepadaMu aku bertawakkal, maka terimalah puasa ini dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Tahu”.

 

  1. Doa Ibnu Umar Ra.:

ذَهَبَ الظَّمَاءُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ الله

Artinya: “Telah pergi rasa dahaga, telah basah tenggorokan dan telah ditetapkan pahala, Insya Allah”.

 

  1. Doa Shahabat Abdullah bin Amr bin Ash Ra:

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ
أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوْبِي

Artinya: “Ya Allah aku mohon dengan rahmatMu yang memenuhi segala sesuatu untuk mengampuni segala dosa-dosaku”.

 

  1. Doa Sayyidina Mu’adz bin Zahrah:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِّي فَأَفْطَرْتُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْم

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga aku dapat berpuasa dan yang telah memberiku rizki sehingga aku dapat berbuka. Ya Allah, terimalah puasa kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui”.

 

 

Doa Jika Berbuka Di Tempat Orang

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ وَصَلَّتْ عَلَيْكُمْ الْمَلاَئِكَةُ وَأَكْرَمَكُمْ الله فِيْمَنْ عِنْدَهُ

Artinya: “Semoga selalu berbuka di tempatmu orang yang berpuasa dan yang makan makananmu orang-orang yang baik, dan semoga para Malaikat mendoakanmu dan Allah memuliakanmu di antara mereka-mereka yang berada di sisiNya”.

Doa Ketika Kita Mendapati Lailatul Qadar

  1. Doa Sayyidatuna Aisyah Ra. yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW:

اَللّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat Maha Pengampun yang senang memberi ampunan, maka ampunilah kami”.

 

  1. Doa Imam Al Maliny:

عَفْوُكَ يَا عَفُوُّ فِي الْمَحْيَا، وَفِي الْمَمَاتِ عَفْوُكَ، وَفِي الْقُبُوْرِ عَفْوُكَ، وَعِنْدَ النُّشُوْرِ عَفْوُكَ، وَعِنْدَ تَطَايُرِ الصُّحُفِ عَفْوُكَ، وَفِي الْقِيَامَةِ عَفْوُكَ، وَفِي مُنَاقَشَةِ الْحِسَابِ عَفْوُكَ وَعِنْدَ الْمَمَرِّ عَلَى الصِّرَاطِ عَفْوُكَ وَعِنْدَ الْمِيْزَانِ عَفْوُكَ وَفِي جَمِيْعِ الأَحْوَالِ عَفْوُكَ، يَا عَفُوُّ عَفْوُكَ

Artinya: “Wahai Dzat Yang Maha Mengampuni, aku memohon ampunanMu dalam kehidupan maupun kematian, dalam kuburan dan di hari kebangkitan ketika dibagikan catatan amal aku mengharap ampunanmu, begitu pula ketika hari kiamat tiba ketika dihisab amal-amalku, ketika menyeberangi sirath dan ketika amalku ditimbang serta dalam semua keadaan, aku memohon ampunanMu, wahai Dzat Yang Maha Pengampun”.

bismillah Doa Ramadhan

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives