Website Resmi Habib Segaf Baharun

Marhaban Ya Ramadhan

ramadhan

  • KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Kenapa bulan ramadhan adalah bulan mulia???Karna di bulan ramadhan terdapat malam nuzulul qur’an dan malam lailatul qodhar.

Hari-hari, malam-malam, dan waktu-waktu yang ada dibulan Ramadhan adalah pemberian Allah yang khusus untuk nabi Muhammad SAW dan semua umatnya yang tidak pernah allah berikan pada umat-umat sebelumnya.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa di setiap malam pada 1/3 terakhir maka Allah Swt akan turun kelangit dunia dengan rahmatNya seraya berkata : “adakah diantara kalian ada yang mempunyai hajat?, maka akan aku penuhi semuanya, adakah diantara kalian yang ingin meminta ampun?, maka akan aku ampuni semua dosanya, dan adakah diantara kalian yang ingin bertaubat?, maka akan aku terima taubatnya” hal itu Allah Swt ucapkan sampai subuh tiba, namun pada malam jum’at dan malam-malam di bulan Ramadhan Allah Swt  dan rahmatnya akan turun kelangit dunia dan mengucapkan hal-hal seperti diatas tadi semenjak terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.

Pada bulan ramadhan semua amal ibadah akan dilipat gandakan yaitu pekerjaan sunnah pahalanya sama dengan pekerjaan fardhu dan pekerjaan fardhu akan dilipat gandakan pahalanya menjadi 70x lipat.

  • HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENYAMBUT BULAN RAMADHAN
  1. Bersyukur kepada allah Swt karna telah menjadikan kita termasuk umat Nabi Muhammad Saw yang mendapatkan keistemawaan yang sangat banyak diantaranya adalah bulan Ramadhan yang mulia ini.
  2. Berniat dengan niat-niat yang baik seperti niat yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw, para sahabat dan salafunas shaleh dari kalangan ahlul bait, yaitu;

“ Ya allah kami berniat untuk melaksanakan puasa dengan hak-haknya, untuk menjaga seluruh badan kami dari segala macam maksiat dan dosa, untuk selalu membaca alqur’an dan dzikir, selalu mengucapkan sholawat serta salam kepada nabi Muhammad Saw, kami berniat kami tidak akan ghibah, mengadu domba, berbohong, kami tidak akan melakukan sebab-sebab yang harom dan membuat allah murka kepada kami, kami berniat akan memperbanyak shodaqoh dan menyenangkan anak-anak yatim,para janda, faqir dan juga orang-orang miskin, kami berniat untuk berpegang teguh kepada apa yang telah dibawa oleh nabi kita Muhammad Saw, melaksanakan shalat tarawih dan witir setiap malam, mengikuti semua ajaran nabi dan para salafunas shaleh dibulan ini, mempelajari syari’at yang dibawa oleh Rasulullah saw, terutama pada 10 terakhir di bulan ini kami niat untuk lebih mendekatkan diri kepada engkau ya robb,,dengan harapan kami bisa mendapatkan malam lailatul qodar, dan kami berniat seperti niat shalafus shaleh baik yang kami ketahui atapun tidak, terimalah niat kami ini, amin ya robbal alamin”

Kenapa kita harus berniat semacam ini? Karna niat akan membawa pengaruh dalam amal ibadah, jika berniat baik maka akan membawa pengaruh yang baik dan jika berniat jelek maka akan membawa pengaruh yang jelek pula.

  1. Mengisi bulan Ramadhan dengan seluruh amal kebaikan (seperti yang telah di niatkan diatas)

“Semoga Allah memanjangkan umur kita dan dapat melalui bulan ramadhan ini sebulan penuh, dan menjadikan kita setelah keluar dari bulan ramadhan ini dengan predikat hamba-hambaNya yang dibebaskan dari segala macam siksa dan segala macam ujian yang kita tidak dapat melaluinya, dan termasuk hamba-hambaNya yang berhak mendapatkan wilayahNya, karomahNya dan mahabbahNya, serta Allah pertemukan kembali kita dengan ramadhan-ramadhan selanjutnya amin,,amin,,ya robbal ‘alamin”.

(di kutip dari kalam Habib Segaf Baharun dalam pengajian beliau dalam rangka menyambut bulan ramadhan di ponpes putri darullughah wadda’wah 1 Ramadhan 1436 H/16 juni 2015)

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives