Kenapa Sunnah Puasa Hari Arafah???

arafahHari Arafah adalah paling afdlolnya hari-hari Allah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzul Hijjah. Pada hari itu Allah banyak membebaskan hamba-hambaNya dari siksa neraka, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : ”مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ الله عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ“ (رواه مسلم)

Yang artinya: “Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan hamba-Nya dari siksa neraka dari hari Arafah”. [ HR. Muslim ]

Keutamaan berpuasa pada hari Arafah adalah akan diampuninya dosa-dosa pada tahun yang lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ، قَالَ: ”يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةِ“ (رواه مسلم)

Yang artinya : Ditanyakan kepada Rasulullah SAW tentang puasa hari Arafah, maka beliau bersabda: “Bahwa puasa Arafah meleburkan dosa tahun yang lalu dan dosa pada tahun yang akan datang”. [ HR. Muslim ]

Berkata Ulama tentang maksud Rasulullah SAW dalam haditsnya bahwa puasa Arafah meleburkan dosa-dosa yang akan datang, yakni menjaga orang itu untuk tidak melakukan dosa-dosa kecil, dan jika melakukannya maka dengan berpuasa Arafah akan meleburkan dosa tersebut. Dosa yang dimaksud di sini selain dosa besar. Sebab dosa besar membutuhkan taubat nasuha untuk meleburnya.

Puasa Arafah disunnahkan bagi orang yang tidak sedang melakukan ibadah haji. Bagi orang yang sedang melakukan ibadah haji tidak disunnahkan, bahkan hukumnya makruh. Karena ibadah haji menuntut orang yang sedang melaksanakannya untuk mengamalkan sunnah haji, seperti membiarkan dirinya di bawah terik panas matahari dan memperbanyak dzikir kepada Allah. Jika dia berpuasa maka akan melemahkan badannya, sehingga dia tidak dapat melaksanakan sunnah-sunnah haji tersebut. Oleh karena itu makruh bagi orang yang sedang berhaji untuk berpuasa pada hari itu.

Selain hari Arafah di sunnahkan pula untuk berpuasa delapan hari sebelumnya, baik bagi orang yang akan melaksanakan ibadah haji atau tidak.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*