Website Resmi Habib Segaf Baharun

Anak zina,siapakah wali nikahnya?

status anak zinaStatus anak zina bukanlah anak yang sah dan dinasabkan kepada ibunya tidak kepada suaminya, sehingga karena dia bukan anak suami tersebut maka dia tidak mewarisinya, dan jika anak tersebut seorang wanita maka kelak yang mengawinkannya adalah wali hakim bukan suami tersebut, dan jika dia yang menga-winkannya maka nikahnya tidak sah. Dan setiap kali berhubungan badan anak zina tersebut dengan suami¬nya dianggap zina dan suami ibunya yang menanggung dosanya.
Oleh karenanya diharuskan kepada setiap ayah dari anak zina untuk tidak mencoba-coba untuk me¬ngawinkannya apapun alasannya, baik untuk menjaga perasaan anak tersebut atau menutupi aib keluarga dan lain-lain karena memang bukan dia walinya, bahkan jika dia mengawini anak zinanya sendiri tidak apa, cuma makruh hukumnya, oleh karenanya lebih baik dia pergi ke KUA untuk menjelaskan status anak ter¬sebut kepada wali hakim untuk menikahkan anak zinanya tersebut.
Adapun anak keduanya dan seterusnya, statusnya adalah anak yang sah, asalkan tidak ada indikasi istrinya selingkuh, karena lahir dalam aqad nikah yang sah walaupun ketika dilaksanakan aqad nikahnya sang istri mengandung anak pertama hasil dari zina, karena boleh menikahi wanita yang hamil dari hasil zina baik dia sendiri yang menghamilinya atau orang lain.

5 Comments

  1. drian wardani's Gravatar drian wardani
    October 15, 2015    

    tp ada orang tua yg gk mau jujur dg keadaan sebnernya.

    • habibsegaf's Gravatar habibsegaf
      October 21, 2015    

      Memang hal itu aib yang harus ditutupi. tapi jika berhubungan dengan syariat, hendaknya orang tua jujur.

  2. Verdos Baagel's Gravatar Verdos Baagel
    October 15, 2015    

    Assalamualaikum.
    Selamat Tahun Baru Muharram 1437 Hijriyah semoga Allah memberkahi kita semuanya tahun ini.
    Saya ingin menanyakan apakah anak zinah dari kalangan sayid berhak menyandang nama sayid dan bolehkah dia mengawini syarifah.
    Terimakasih wassalam
    Verdos Baagel.

  3. ridwan's Gravatar ridwan
    October 17, 2015    

    masya Allah.. syukron jazylan pnjelasan’a yaa Habib..

    afwan ya Habib ana mau bertnya :
    jika saat anak hasil zina diwalikan oleh laki-laki yang telah berzina dengan ibu nya maka pernikahan si anak hasil zina tersebut kan tidak sah, dan kmudian stiap kali si anak zina berhbungan badan dengan suami’a mnjadi dosa dan suami si ibu yg mnanggung dosa’a..
    lalu bagaimana jika dlm hubungan itu kemudian melahirkan anak kembali..
    apakah anak tersebut juga merupakan anak hasil zina atau tidak?
    dan boleh di walikan oleh ayah nya atw tidak??

    afwan mohon pencerahannya ya Habib..

    Wassalaamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh

    • habibsegaf's Gravatar habibsegaf
      October 17, 2015    

      Semoga kita selalu dilindungi dari hal-hal yang dimurkai Allah, setiap anak yang telahir dari pernikahan yang tidak sah berarti dihukumi anak zina, begitu juga seterusnya. Pernikahan anak zina itu dapat dihukumi sah jika yang menjadi wali nikahnya itu bukan ayah biologisnya dalam artian yang menjadi wali nikahnya adalah penghulu atau semacamnya, jika tidak pernikahan anak zina tersebut akan terus dihukumi tidak sah dan akan terus melahirkan anak-anak yang dihukumi anak zina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives