Besarnya Pahala Puasa Di Hari Asyuro’

asyuroRasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ سُئِلَ عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَاشُوْرَاء؟ فَقَالَ: ”يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةِ“ (رواه مسلم

Yang artinya : ” Dari Abi Qatadah Ra. Sesungguhnya Rasulullah SAW telah ditanya tentang puasa hari Asyura. Lalu beliau menjawab : Bahwa puasa pada hari itu meleburkan dosa (dosa yang kecil) pada tahun yang lampau “. [ HR. Muslim ]

Hari Asyura adalah hari yang kesepuluh dari bulan Muharram. Hikmah Syar’i menerangkan bahwa puasa hari Arafah meleburkan dosa dua tahun dan hari Asyura meleburkan dosa satu tahun karena hari Arafah merupakan salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam, oleh karenanya dinamakan juga “hari Nabi Muhammad”.

Sedangkan puasa Asyura dilakukan oleh Nabi Musa ‘Alaihis Salam. dan Nabi yang lainnya. Oleh karenanya hari Asyura dinamakan juga hari Nabi Musa. Sebagaimana kita ketahui Rasulullah SAW adalah paling afdholnya para Nabi, karena itulah hari Nabi Muhammad yaitu hari Arafah meleburkan dosa dua tahun dan puasa hari Asyura wajib atas umat yang terdahulu.

Adapun puasa Tasu’a adalah hari yang kesembilan dari bulan Muharram. Nabi Muhammad SAW belum pernah menunaikannya akan tetapi dalam haditsnya, beliau bersabda akan melakukannya jika beliau masih hidup, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : ”لَئِنْ بَقيْتُ إِلَى الْقَابِل لأَصُوْمَنَّ التَّاسِع“ (رواه مسلم

Yang artinya: Dari Ibnu Abbas RA. berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: “Jika aku masih hidup sampai tahun depan, maka aku akan puasa hari Tasu’a”.
[HR Muslim]

Hikmah dilaksanakannya puasa hari Tasu’a adalah agar ibadah orang Islam tidak menyerupai ibadah orang Yahudi. Karena orang Yahudi berpuasa pada hari Asyura, sedangkan Rasulullah sangat tidak menyukai orang Islam melakukan sesuatu seperti orang Yahudi. Oleh karenanya kita diperintahkan untuk puasa Tasu’a juga.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*