Website Resmi Habib Segaf Baharun

Apakah kalian dikategorikan sebagai pembunuh?

hukum bunuh

 Permasalahan Dalam Kasus Pembunuhan

Terkadang sulit untuk membedakan antara jenis pembunuhan yang dilakukan termasuk katagori yang mana oleh karena itu mari kita pelajari masalah masalah berikut ini sehingga dapat kita fahami dan bedakan antara jenis dan bentuk dari suatu embunuhan termasuk katagori yang mana ? berikut contoh contohnya

1.  Hukum Membunuh Korban-Korban Mengguna-Kan Sebuah Jarum

Kematian seseorang tidak selalu disebabkan sebab atau alat yang mematikan adakalanya seseorang akan merenggang nyawa karena sebab yang sangat remeh dan tidak terduga sebelumnya seperti jika seseorang menyebabkan kematian korban yang ditusuk dengan jarum termasuk katagori pembunuhan yang bagaimana? Jawabannya dapat diperinci sebagai berikut:

  • Jika bagian badan yang ditusuk adalah bagian-bagian tubuh yang sensitif dan vital, seperti ulu hati, mata, leher dan lain lain,atau menusuknya pada perut seserang yang kurus badannya kemudian menyebabkan kematiannya, maka tindakannya tersebut termasuk pembunuhan dengan sengaja, baik hal itu berakibat rasa sakit atau tidak pada korban, sehingga pelaku wajib diqisos karenanya, kecuali kalau ahli waris memafkannya.
  • Dan Jika ditusukkan pada tubuh seseorang yang gemuk pada bagian tertentu dan mengakibakan si korban merasa kesakitan sebelum akhirnya meninggal dunia karenanya maka hal itu termasuk katagori membnuh dengan sengaja juga, adapun jika tidak sampai mengakbatkan rasa sakit pada korban karenanya, akan tetapi menjadi sebab kematiannya, maka tindakan tersebut termasuk katagori pembunuhan dengan cara  semi sengaja, sehingga wajib atasnya membayar diyah dan tidak ada hukum qisos atas pelakunya.
  • Adapun Jika ditusukkan pada bagian-bagian badan yang tidak vital seperti tumit kaki yang tebal dan tidak berarti apapun tusukan jarum tersebut bagi Korban maka kematiannya bukan termasuk kematian yang mengharusan pelakunya mendapatkan hukuman sehingga tidak ada human apapun bagi pelaku.

2.  Hukum jika seseorang menyekap korban dan mencegahnya dari makanan&minuman atau dari pakaian hingga menyebabkan kematannya.

Jika seseorang melakukan penyekapan dan mencegah korban dari makanan serta minuman , atau dicegah dari pakain disaat musim dingin sehingga hal itu menyebabkan kematiannya maka pelakunya dikatagorikan pembunuhan dengan katagori apa ? jawabannya dapat diperinci sebagai berikut:

1)Jika penyekapan korban dan dicegahnya dari makanan, minuman atau pakaian dalam tempo waktu yang biasanya jika  seseorang dicegah dari makanan , minuman atau pakaian dimusim dingin pada tempo itu akan menyebabkan kematian seperti selama lima hari atau lebih maka pelakunya dikatagorikan membunuh dengan sengaja sehingga harus diqisos kecuali kalau dimaafkan oleh ahli waris.

2)  Dan jika penyekapan korban dan dicegahnya dari makanan dan minuman atau dicegah dari pakaian dimusim dingin dalam tempo yang biasanya pada tempo itu  tidak menyebabkan kematian misalnya selama sehari semalam maka hukumnya diperinci sebagai berikut:

  1. Jika si korban pada waktu disekap tidak dalam keadaan haus dan kelaparan serta kedingini pada musim dingin lalu disekap oleh pelaku dan dicegah dari makanan dan minuman serta pakaian pada musim dingin dan hal itu menyebabkan kematiannya maka hal itu tergolong membunuh dengan cara semi sengaja sehingga dia diwajibkan membayar diyah sebagai hukumannya dan tidak ada hukuman qisos terhadapnya.
  2. Dan Jika pelaku mengetahui bahwa sebelum menyekap korban dalam keadaan lapar ataupun haus dan ditambah masa penyekapan memungkinkan seseorang itu meninggal dalam tempo itu misalnya si pelaku tahu bahwa korban tidak makan selama dua hari dan ditambah masa penyekapan selama tiga hari jadi jumlahnya lima hari maka yang dilakukan pelaku termasuk katagori membunuh dengan sengaja, sehingga wajib di qisos karenanya kecuali kalau ahli waris memaafkannya.
  3. Lain halnya jika pelaku tidak mengetahui tentang keadaan korban yang kelaparan atau kehausan sebelum penyekapan, maka dia diwajibkan membayar setengah dari diyahnya katagori seseorang yang membunuh dengan cara semi sengaja.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives