Doa Agar Tidak Keguguran

puasa ibu hamilSetiap wanita yang sedang hamil pasti mengalami muntah-muntah, tidak suka pada bau tertentu, suka makanan tertentu, dan sebagainya. Semua itu terjadi karena terdapat perubahan dalam diri setelah adanya janin di dalam rahim.

Di saat itu, pengertian suami amat diperlukan. Bahkan, perhatian dan kasih sayangnya harus lebih dari biasanya. Itu adalah sebagai timbal balik dari apa yang diberikan sang istri untuknya, dari karunia Allah SWT, berupa buah hati dan buah cinta mereka berdua, yaitu seorang anak.

Sebaliknya, seorang istri pun dituntut berusaha semampunya untuk tetap membahagiakan suami dengan menghindari hal-hal yang tidak disukai, walaupun hal-hal itu dianggap wajar dilakukan seorang wanita yang tengah mengidam. Dan harus diingat, mengidam adalah tanda yang akan menjadikannya sebagai seorang ibu. Sebagai ibu, hatinya tentu harus dipenuhi rasa cinta dan kasih sayang.

Masa-masa awal kehamilan adalah masa-masa yang harus dilalui dengan saling pengertian dan kasing sayang. Jika tidak, tak mustahil muncul gesekan-gesekan yang pada gilirannya dapat membuahkan akibat yang sesungguhnya sama sekali tak diinginkan mereka semua, keretakan rumah tangga, bahkan sampai perceraian. Wal’iyadzu billah.

 

Doa bagi Wanita Hamil

Adalah hal yang wajar bila seorang wanita hamil khawatir akan keselamatan bayi yang dikandungnya. Kekhawatiran-kekhawatiran itu bisa berupa: akankah anaknya nanti terlahir dengan selamat atau tidak, sempurna atau tidak, menjadi anak yang shalih atau tidak, dan seterusnya. Karenanya, memang sudah sewajarnya pula orangtua berdoa untuk keselamatan anaknya, karena Rasulullah SAW sendiri mensabdakan, “Tidak mengubah suatu ketentuan Allah kecuali doa.” – HR At-Tirmidzi.

Walaupun tidak ada doa khusus yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW terkait masalah kehamilan, tidak ada salahnya Anda membaca doa-doa dari para salafush shalih, seperti doa dari Habib Husain Khirid, yang mengajarkan doa untuk wanita hamil, yang dapat Anda simak pada salah satu buku karya kami, Bagaimana Anda Menikah?. Di antara faedah dari doa tersebut adalah agar seorang anak lahir dengan selamat, sempurna, sehat jasmani dan ruhani, dan kelak menjadi anak yang shalih, insya Allah.

Adapun amalan doa yang terkait dengan harapan agar tidak mengalami keguguran, di sini saya sampaikan sebuah bacaan singkat sebagaimana yang diajarkan oleh Habib Ahmad bin Hasan Al-Attas, seorang alim terkemuka dan wali besar dari negeri Hadhramaut. Habib Ahmad mengajarkan, seorang ibu hamil yang menginginkan anak yang dikandungnya tidak keguguran, hendaknya meletakkan tangannya di atas perutnya seraya membaca Ya Hasib sebanyak tujuh kali setiap habis shalat lima waktu. Disebutkan, jika pun ditakdirkan keguguran, ia akan gugur dalam keadaan hidup, insya Allah.

Demikian, semoga ini menjadi manfaat bagi setiap ibu hamil.

1 Comment on Doa Agar Tidak Keguguran

  1. yulius alfarissy // December 25, 2015 at 2:08 am // Reply

    Thanks infonya

Leave a comment

Your email address will not be published.

*