Website Resmi Habib Segaf Baharun

Jual Beli yang Dilarang Dan Dihukumi Tidak Sah,,,!!

jualbeli_dilarang

           Tidak semua jual beli dihukumi sah, karena sah tidaknya jual beli harus sesuai dengan kriteria dan syarat yang telah ditetapkan oleh syari’ dan inilah contoh jual beli yang dilarang dan dihukumi tidak sah yaitu sebagai berikut :

  1. Baiy’ Fuduly, yaitu menjual barang milik orang lain yang bukan miliknya walaupun akan menguntungkan pemilik barang tersebut, dan walaupun pemilikya pasti akan rela dengan transaksi tersebut tetap tidak sah, karena di antara syarat sahnya jual beli adalah barang yang akan dijual adalah miliknya.
  2. Menjual sesuatu yang tidak dapat diserahkan kepada si penjual, seperti menjual barang yang dirampas orang dan belum kembali kepadanya atau seperti menjual barang yang masih digadaikan karena hutang, maka tidak sah menjualnya hingga kembali barang yang telah dirampas orang tersebut dan hingga lunas hutangnya dan dikembalikan barang yang digadaikannya.
  3. Jual beli dengan adanya syarat di dalam transaksinya, maka tidak sah misalnyasi penjual berkata “Sayajual mobilku ini dengan harga Rp. 100 juta dengan syarat kamu jual rumahmu padaku”karena dalam transaksi jual beli tidak boleh ada syarat dalam akad transaksinya apapun bentuknya.
  4. Menjual sperma dari hewan penjantan, dengan cara meminjamkan hewan penjantannya kepada seorang yang mempunyai hewan betina biar mendapatkan anak dari penjantan tersebut, karena sperma yang keluar belum tentu membuahkan janin sehingga menyebabkan kerugiaan kepada satu pihak.
  5. Menjual janin hewan yang masih di dalam perut ibunya, karena bisa jadi janin tersebut terlahirkan dalam keadaan hidup bisa juga dalam keadaaan mati sehingga hal itu akan menimbulkan kerugian kepada satu pihak.
  6. Baiy’ Munabadzah, yaitu jual beli dengan cara melempar barangnya misalnya seorang penjual berkata “Saya lempar bajuku ini dengan harga Rp 50 ribu dan kapan jatuh dipangkuanmu maka berarti kamu telah membelinya dan harus membayar harganya”.
  7. Menjual daging dengan hewan yang masih hidup dan belum disembelih atau sebaliknya, kalau menjual daging dengan daging atau hewan dengan hewan yang sama-sama masih hidup hukumnya sah.Begitu pula menjual ikan yang masih hidup dengan ikan yang juga masih hidup atau sebaliknya hukumnya sah, lain halnya kalau menjual daging dengan hewan yang masih hidup atau menjual ikan yang masih hidup dengan ikan yang sudah mati atau sebaliknya maka hukumnya tidak sah.
  8. Baiy’ Mulamasah, yaitu jual beli yang dikaitkan dengan sentuhan misalnya si penjual berkata “kapan kamu menyentuh baju itu maka kamu telah membelinya dariku dengan harga Rp 50 ribu”.
  9. Menjual beras yang masih berada dalam padinya dan belum dipanen, begitu pula segala macam biji-bijian selama masih berada pada tangkai atau pohonnya dan belum       dipanen   maka tidak sah, karena bisa jadi akan berhasil panennya dan bisa jadi gagal panen dan lagi selama masih berada dalam tangkainya maka tidak diketahui dengan jelas ukuran timbanganya sehingga dapat merugikan salah satu pihak.
  10. Menjual air yang sedang mengalir, karena bukanmiliknya dan tidak dapat diketahui berapa ukurannya.
  11. Menjual buah yang belum masak atau dapat dimakan dipohonnya, karena masih mentah kecuali jika bermaksud menjualnya sekalian pohonnya maka sah, lain halnya jika di antara buah yang ada di pohon tersebut sudah ada yang masak atau setengah masak sehingga enak dimakan maka sah menjualnya.
  12. Baiy’ Ghoror, yaitu menjual barang yang samar tidak jelas dantidak diketahui apakah yang akan terjadi dan bagaimana akhirnya, berapa jumlahnya atau yang mana barangnya, misalnya menjual burung yang terbang diangkasa, ikan yang ada disungai walaupun si penjual dapat menangkapnya maka tidak sah karena tidak jelas berapa jumlahnya dan apakah pasti si penjual dapat menangkapnya.

Akan tetapi dikecualikan menjual tawon atau lebah yang menghasilkan madu yang berterbangan asalkan induknya berada dalam sarangnya karena biasanya lebah itu akan kembali kesarangnya mengikuti induknya.

2 Comments

  1. sanusi's Gravatar sanusi
    October 10, 2016    

    assalamualaikum
    kalau bisa pembahasan masalau muamalah di tambah lagi, pokoknya semua bab yang ada di muamalah,ini bagus sekali.saya suka berkunjung kesitus ini…terimakasih

    • habibsegaf's Gravatar habibsegaf
      October 14, 2016    

      Wa’alaikumussalam…
      Terimakasih saudara Sanusi atas masukan dan apresiasinya. Insyaallah kami akan memperbanyak pembahasan muamalah.
      Semoga Allah selalu meliputi anda dengan keberkahan. Aamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives