Seberapa Lama Sih Masa Haid?

Paling singkat (sedikit) masa haid adalah sehari semalam (24 jam) dan paling lamanya masa haid adalah 15 hari, pada umumnya wanita mengeluarkan darah haid selama 6 atau 7 hari. Sedangkan paling sedikitnya masa suci antara dua haid adalah 15 hari, dan pada umumnya masa suci adalah 23 hari apabila haidnya 7 hari, atau 24 hari apabila haidnya 6 hari.
Tidak ada batas maksimal untuk masa suci yang memisahkan antara dua haid, sebab ada kalanya wanita mengalami haid 3 bulan sekali, bahkan bisa terjadi masa suci antara dua haid pada sebagian wanita bertahun-tahun.
Perlu diketahui bahwa setiap wanita mengeluarkan darah haid setiap bulannya minimal selama 24 jam, cuma biasanya terbagi menjadi beberapa hari. Misalnya : Seorang wanita mengeluarkan darah pada hari pertama, kedua, ketiga dan keempat masing-masing 5 jam, kemudian pada hari kelima dan keenam masing-masing 2 jam, sehingga jumlah keseluruhan adalah 24 jam.
Dan jika keluar darahnya kurang dari 24 jam, maka tidak dihukumi darah haid, akan tetapi istihadlah, walaupun keluamya selama 15 hari. Misalnya seorang wanita mengeluarkan darah selama lima belas hari setiap harinya 1 jam, maka darah tersebut dihukumi darah istihadlah, karena keluarnya hanya 15 jam (kurang dari 24 jam).
Seorang wanita bisa juga mengeluarkan darah secara terus-menerus selama sehari semalam (24 jam secara langsung), yang dimaksud terus-menerus di sini adalah sekiranya kapas dimasukkan ke dalam farjinya maka terdapat basahnya darah, yang demikian ini masih dihitung mengeluarkan darah, walaupun darah itu tidak sampai keluar pada bagian-bagian yang wajib dibasuh ketika dia istinja’ (cebok dari kencing), dan darah yang keluar selama haid biasanya mencapai 30 cc sampai 80 cc. Ketentuan ini adalah paling singkat, umumnya dan paling lamanya masa haid berdasarkan pada penelitian Imam Syafi’i RA terhadap wanita-wanita Arab.
Di samping hal tersebut di atas, seorang wanita memulai darah haid atau nifasnya biasanya dengan warna hitam kemu¬dian lambat laun menjadi merah kemudian berwarna merah kekuning-kuningan lalu berganti kuning dan setelah itu berwarna keruh (warna antara hitam dan putih atau abu-abu), dan bia¬sanya setelah warna keruh seorang wanita selesai dari haidnya.

2 Comments on Seberapa Lama Sih Masa Haid?

  1. Syahrul Makki // January 18, 2016 at 3:16 am // Reply

    maaf admin mungkin mksd nya masa mksimal haid itu 15 hari bukan 75 hari afwan

Leave a comment

Your email address will not be published.

*