Haid Adalah Karunia Allah Bagi Setiap Wanita

photo_0160541613jectdpHaid merupakan suatu ketetapan Allah terhadap kaum Hawa (wanita), senang atau tidak senang haid itu akan dialami atau sedang dialami atau telah dialami oleh setiap wanita yang normal. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Hadits Sayyidatuna Aisyah RA:

هَذَا شَيْءٌ كَتَبَهُ الله عَلَى بَنَاتِ آدَمَ (رواه البخاري ومسلم

Ini merupakan suatu ketetapan Allah kepada kaum Hawa (H.R. Bukhari Muslim)

Adapun wanita pertama yang mengeluarkan darah haid adalah Siti Hawa, yang terjadi pada hari Selasa menurut suatu riwayat.

Ayat Al Qur’an yang menyinggung tentang masalah ini adalah firman Allah yang berbunyi:

وَيَسْأَلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ قُلْ هُوَ أَذَى (البقرة : 222

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haid, Katakanlah bahwa itu suatu kotoran. (Q.S. Al Baqarah: 222)

Berdasarkan ayat di atas dapatlah diambil kesimpulan bah­wa darah haid itu bukanlah darah penyakit, bahkan merupakan suatu kesempurnaan bagi seorang wanita yang mengalaminya, sebaliknya merupakan suatu kekurangan bagi wanita apabila tidak mengeluarkan darah haid. Biasanya wanita yang tidak mengalami haid, tidak bisa mengandung (hamil).

Lain halnya yang terjadi terhadap Sayyidatuna Fatimah Azzahra RA, putri kesayangan Rasulullah SAW, hal itu meru­pakan keistimewaan baginya. Telah kita ketahui bersama bahwa Sayyidatuna Fatimah Azzahra RA, isteri dari Imam Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah, tidak pernah mengeluarkan darah haid dan nifas sehingga dijuluki Al Batul. Karena dipandang begitu istimewanya Sayyidatuna Fatimah Azzahra RA sampai ada seorang penyair memuji beliau dengan syairnya:

لَوْ كَانَتِ النِّسَاءُ مِثْلَ هَذِهِ – لَفَضُلَتِ النِّسَاءُ عَلَى الرِّجَالِ

Seandainya wanita-wanita yang ada seperti beliau (Sayidatuna Fatimah Azzahra RA), niscaya wanita-wanita itu lebih mulia dari pria.

Sebagai bahan pengetahuan oleh umat Islam khususnya, bahwa bukan hanya kaum wanita saja yang mengalami darah haid tetapi ada beberapa hewan yang juga mengeluarkan darah haid, di antaranya:

  1. Kelelawar
  2. Kelinci
  3. Cecak
  4. Anjing
  5. Unta
  6. Binatang Dlob (sejenis biawak)
  7. Kuda.

Cuma biasanya haid yang terjadi pada binatang waktunya tidak teratur.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*