Cara melakukan sholat gerhana

Tata-Cara-dan-Niat-Shalat-Gerhana-Bulan-dan-Mataharicara melaksanakan sholat gerhana ada tiga cara, dan boleh bagi kita untuk melaksanakan sholat gerhana dengan cara apapun dari tiga cara sebagai berikut:
1. Cara yang pertama adalah dengan melaksanakan sholat dua rakaat dengan niat sholat gerhana seperti dua rakaat sholat sunnatul fajar (sholat sunnah sebelum melaksana¬kan sholat subuh). Tanpa ada tambahan ruku’ dalam sholatnya itu serta tidak dipanjangkan sholatnya.
2. Cara yang kedua adalah dengan melaksanakan sholat dua rakaat, akan tetapi dengan tambah satu kali ruku’ dan satu kali berdiri lagi setelah ruku’ pertama untuk membaca Al-Fatihah lagi untuk kedua kali pada setiap rakaatnya berarti pada setiap rakaat terdapat dua berdiri dan dua ruku’ tapi tanpa dipanjangkan sholatnya dengan membaca surat panjang dan tasbih. Kesimpulannya cara kedua adalah dengan cara sebagai berikut, pertama dia niat sholat gerhana bersamaan dengan takbirotul ihrom, kemudian membaca Al-Fatihah dan membaca surat Al-Qur’an setelahnya. Kemudian setelah itu ruku’ dan setelah ruku’ yang pertama tersebut, tidak langsung I’tidal akan tetapi berdiri lagi dan membaca Al-Fatihah dan surat lagi, baru kemudian setelah itu ruku’ dan setelah ruku’ kedua itu barulah dia I’tidal. Kemudian sujud seperti biasanya dan dengan cara seperti itu pula dia lakukan pada rakaat kedua.
3. Sedangkan cara yang ketiga adalah sama seperti cara yang kedua. Cuma bedanya dalam cara yang ketiga ini, dipanjangkan waktu berdirinya dengan membaca surat panjang dan ruku’ serta sujudnya dengan banyak membaca tasbih seperti yang akan diterangkan berikut ini:
a) Kadar panjang dalam berdiri.
1) Pada waktu berdiri yang pertama membaca surat Al Baqarah atau yang seperti surat Al-Baqarah panjangnya.
2) Pada waktu berdiri yang kedua kita membaca surat Al-Imran atau yang seperti surat Al-Imran panjangnya.
3) Pada waktu berdiri yang ketiga kita membaca surat An-Nisa’ atau yang seperti surat An-Nisa panjangnya.
4) Pada waktu berdiri yang keempat kita membaca surat Al-Maidah atau yang seperti surat Al-Maidah panjangnya.
b) Kadar panjang dalam ruku’ dan sujud
1) Pada waktu ruku’ dan sujud yang pertama kita membaca tasbih dalam ruku’ dan sujud dengan kadar lama membaca 100 ayat dari surat al-Baqarah.
2) Pada waktu ruku’ dan sujud yang kedua, kita membaca tasbih ruku’ dan sujud dengan kadar waktu membaca 80 ayat dari surat al-Baqarah.
3) Pada waktu ruku’ dan sujud yang ketiga kita mem¬baca tasbih ruku’ dan sujud dengan kadar membaca 70 ayat dari surat Al-Baqoroh.
4) Pada waktu ruku’ dan sujud yang keempat kita membaca tasbih ruku’ dan sujud dengan kadar membaca 50 ayat dari surat Al-Baqoroh.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*