Dibalik Keistimewaan Adzan Dan Iqomat

keajaiban-adzanAdzan Dan Iqomat

a-  Pengertian adzan dan iqomat

Pengertian dari adzan adalah kalimat-kalimat dzikir tertentu (الله أَكْبَر Sampai akhirnya) yang disunnahkan untuk dikumandangkan sebelum melaksanakan sholat lima waktu. Maka tidak disunnahkan adzan dan iqomat untuk sholat sunnah atau jenazah atau sholat yang wajib karena nadzar. Jadi adzan disunnahkan khusus untuk sholat lima waktu saja.

Sedangkan pengertian dari iqomat adalah sebuah dzikir tertentu yang disunnahkan untuk membangkitkan para hadirin atau menyuruh mereka untuk berdiri guna melaksanakan sholat fardlu.

Dan hukumnya mengumandangkan adzan dan iqomat adalah sunnah muakkadah dalam sholat-sholat lima waktu.

b- Keutamaan mengumandangkan Adzan

Keutamaan seseorang yang mengumandangkan adzan sangatlah besar. Bahkan seseorang yang selalu mengumandangkan adzan selama tujuh tahun berturut-turut tanpa upah dan hanya karena Allah dia lakukan adalah salah satu dari lima orang yang tidak akan hancur jasadnya dalam kubur akan tetapi tetap utuh sampai hari kiamat. Dan banyak hadits Nabi SAW yang menerangkan tentang keutamaannya diantaranya adalah hadits-hadits sebagai berikut.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ I “يَغْفِرُ لِلْمُؤَذِّنِ مُنْتَهَى أَذَانِهِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ رَطْبٍ وَيَابِسٍ” ( رواه أحمد )

Seorang yang mengumandangkan adzan akan diampuni dosa- dosanya. Hingga selesainya adzan yang dikumandangkan. Dan semua benda yang basah atau kering memintakan ampunan untuknya. (HR. Ahmad)

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ I “اَلْمُؤَذِّنُوْنَ أَطْوَلُ النَّاسِ أَعْنَاقًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ” ( رواه مسلم)

Para muadzin pada hari kiamat adalah orang yang paling panjang lehernya.(HR. Muslim)

 

Maksudnya adalah mereka adalah orang-orang yang paling besar kesempatan untuk mendapatkan rahmat Allah dan orang-orang yang paling banyak haknya untuk memberikan syafa’at kepada orang lain.

 

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ I “إِنَّ الله وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ وَالْمُؤَذِّنُ يُغْفَرُ لَهُ مَدَى صَوْتِهِ وَصَدَّقَهُ مَنْ سَمِعَهُ مِنْ رَطْبٍ وَيَابِسٍ (رواه أحمد)

Sesungguhnya Allah merahmati orang-orang yang sholat di shof depan. Dan seorang yang mengumandangkan adzan akan diampuni dosa-dosanya sepanjang suaranya terdengar dan akan membenarkan perkataanya semua orang yang mendengarnya begitu pula semua benda yang basah dan kering. (HR. Ahmad)

 

c-  Hikmah dari Adzan

Semua syariat Allah pasti mengandung hikmah-hikmah yang akan kembali kepada kita manfaatnya baik berupa kebaikan dunia maupun akhirat. Dan mempunyai hikmah tertentu yang berguna untuk semua. Begitu pula adzan mempunyai hikmah-hikmah tertentu diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1-  Memberitahukan kaum muslimin dengan masuknya waktu dari sholat lima waktu.

2-  Mengundang kaum muslimin untuk melaksanakan sholat jama’ah.

3-  Menunjukkan kepada kaum muslimin dengan tempat yang akan dilaksanakan sholat jama’ah.di tempat itu.

4-  Menampakkan syiar-syiar islam sehingga kapan dikumandangkan suara adzan disuatu tempat maka hal itu merupakan suatu pertanda bahwa ditempat tersebut terdapat kaum muslimin.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*