Kisah Bersahaja dari Sufi Wanita : Rabi’atul ‘Adawiyah

Suatu hari secara kebetulan Rabi’atul-‘Adawiyyah bertemu dengan Imam Hasan Al-Basri. Beliau sedang menangis terisak-isak kerana (sempat) lalai terhadap Allah. Sanking derasnya airmata beliau, hingga air matanya mengalir di lantai rumahnya.

Melihat hal itu, Rabi’atul-‘Adawiyyah berkata kepada Imam Hasan Al-Basri, “Janganlah tunjukkan perasaan hingga seperti ini supaya batinmu penuh dengan cinta kepada Allah, dan hatimu akan tenggelam di dalamnya. Itupun kamu tidak akan mendapati di mana tempatnya.”


 

Dengan penuh ambisi untuk mendapat perhatian, suatu hari, Imam Hasan yang sedang melihat Rabi’atul-‘Adawiyyah dalam satu perkumpulan para ‘Ulama, mendatangi Rabi’atul-‘Adawiyyah dan berkata,

“Rabi’atul-‘Adawiyyah, marilah kita meninggalkan perkumpulan ini, duduk di atas air tawar sana, dan berbincang tentang hal-hal kerohanian.” Beliau berkata demikian lantaran ingin menunjukkan keramatnya kepada orang lain, yaitu dapat menguasai air. Seperti Nabi Isa a.s. mampu berjalan di atas air.

Rabi’atul-‘Adawiyyah berkata, “Hasan, lupakanlah hal yang tidak berguna tersebut. Jika engkau benar-benar ingin meninggalkan perkumpulan ini, mengapa kita tidak terbang saja sembari berbincang di udara?”Rabi’atul-adawiyyah berkata berkata seperti itu karena beliau bisa melakukannya, tetapi Imam Hasan tidak mampu melakukannya.

Maka Imam Hasan meminta maaf. Rabi’atul-‘Adawiyyah berkata, “Ketahuilah bahwa apa yang bisa kamu lakukan, ikan pun bisa melakukannya. Jika aku bisa terbang, lalat pun bisa terbang. Buatlah suatu yang lebih dari perkara yang luarbiasa itu. Temukan hal itu dalam ketaatan dan sopan-santun terhadap Allah.”

Ada seseorang bertanya kepada Rabi’atul-‘Adawiyyah tentang pernikahan.

Maka beliau menjawab, “Orang yang menikah itu ialah orang yang menguasai dirinya sendiri. Tetapi aku tidaklah menguasai badan dan nyawaku sendiri. Aku ini kepunyaan Tuhanku. Pintalah kepada Allah, jika hendak menikahiku.”

 

–OfficialTeam/hbmcrew/ma

Leave a comment

Your email address will not be published.

*