Bahaya Memutus Tali Silaturahmi

IMG-20151111-WA0013Sebagaimana banyak pujian terkait dengan mereka yang menyambung tali silaturahmi, begitu pula banyak ancaman yang datang di dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi yang terkait dengan mereka yang memutuskan tali silaturahmi, diantaranya adalah sebagai berikut:
فَهَل عَسَيتُم إِن تَوَلَّيتُم أَن تُفسِدُواْ فِى ٱلأَرضِ وَتُقَطِّعُواْ أَرحَامَكُم (٢٢) أُوْلَـٰئِكَ ٱلَّذِينَ لَعَنَهُمُ ٱللَّهُ فَأَصَمَّهُم وَأَعمَىٰ أَبصَـٰرَهُم (٢٣)(محمد: 22-23)
Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dila’nati Allah SWT dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka. (Q.S. Muhammad: 22-23)
وَٱلَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهدَ ٱللَّهِ مِن بَعدِ مِيثَـٰقِهِۦ وَيَقطَعُونَ مَا أَمَرَ ٱللَّهُ بِهِۤ أَن يُوصَلَ وَيُفسِدُونَ فِى ٱلأَرضِ‌ۙ أُوْلَـٰئِكَ لَهُمُ ٱللَّعنَةُ وَلَهُم سُوءُ ٱلدَّارِ (الرعد: ٢٥)
Orang-orang yang merusak janji Allah SWT setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allah SWT perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam). (Q.S. Ar-Ro’d: 25)
عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثَلَاثَةٌ لَا يَدخُلُونَ الجَنَّةَ: مُدمِنُ الخَمرِ، وَقَاطِعُ الرَّحِمِ، وَمُصَدِّقٌ بِالسِّحرِ. (رواه أحمد)
Ada tiga orang yang tidak akan masuk ke dalam syurga, yaitu peminum bir (arak), orang yang memutuskan tali silaturahmi dan orang yang mempercayai sihir. (H.R. Ahmad)
عن أبي محمد جبير بن مطعم رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لَا يَدخُلُ الجَّنَّةَ قَاطِعٌ. (متفق عليه)
Tidak akan masuk ke dalam syurga seseorang yang memutuskan tali silaturahminya. (Muttafaq alaih)

(diambil dari buku karangan Al HAbib Segaf BAharun “SYARI’AT ISLAM Solusi Kehidupan Dunia”)

Leave a comment

Your email address will not be published.

*