Website Resmi Habib Segaf Baharun

Mendapatkan 27 Derajat Pahala Tiap Sholat | Seputar Jama’ah

FUNGSI DAN FAEDAH SHOLAT BERJAMA’AH
Sholat jama’ah mempunyai faedah yang sangat banyak dan kemaslahatan yang sangat agung serta kemanfaatan yang tidak terhitung jumlahnya. Karenanya, sholat jama’ah disyariatkan dalam agama Islam. Bahkan sebagian ulama menjadikan sholat jama’ah adalah fardhu ain, bukanlah fardhu kifayah walaupun yang mu’tamad adalah hukum sholat jama’ah adalah fardhu kifayah. Sedangkan diantara faedah-faedah dan manfaat sholat jama’ah adalah sebagai berikut:

1. Allah SWT mensyariatkan dalam agama ini untuk selalu berkumpul pada waktu-waktu tertentu setiap hari, yaitu ketika melaksanakan sholat 5 waktu, setiap minggu yaitu ketika sholat Jum’at, setiap tahun yaitu ketika melaksanakan sholat ied (idul Fitri dan idul Adha), begitu pula ketika melaksanakan wukuf di Arafah. Ini semua disyariatkan dalam agama Islam untuk selalu ada hubungan dengan kebaikan dan cinta kasih serta penjagaan dan pembersihan hati serta berdakwah kepada Allah SWT baik dengan perilaku maupun dengan perkataan.

2. Sholat jama’ah dilaksanakan karena itu adalah perintah daripada Allah SWT dengan berharap pahala dari-Nya dan menghindar serta menjauh daripada siksa, selain berangan-angan untuk mendapatkan anugerah dan kenikmatan di sisi-Nya.

3. Dengan sholat jama’ah kita akan dapat menumbuhkan saling cinta dan saling kasih diantara sesama, karena dengan sholat jama’ah kita dapat mengetahui keadaan satu dengan lainnya. Dengan sholat jama’ah, kita saling menyapa, saling menyambung silahturrahmi, dan saling tahu dengan keadaan masing-masing.

4. Dengan sholat jama’ah berarti kita telah menampakkan lambang-lambang dan syi’ar agama. Yang demikian itu memang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menampakkannya. Karena jika misalnya seluruh kaum muslimin melaksanakan sholat di rumah masing-masing, maka tidak dapat diketahui bahwa di dalam desa, kampung ataupun kota itu dilaksanakan sholat berjama’ah.

5. Dengan sholat jama’ah berarti kita menampakkan kemuliaan dan kejayaan kaum muslimin. Yang demikian itu dikarenakan ketika mereka masuk ke dalam masjid, begitu pula ketika keluar secara bersama-sama dapat membuat marah dan murka para munafiqin dan para kuffar. Dengan begitu dapat diketahui dengan jelas dan pasti manakah kaum muslimin dan mana orang kafir serta munafiqin.

6. Dengan sholat jama’ah dapat memberikan petunjuk kepada orang yang bodoh akan hukum sholat, karena dengan sholat jama’ah banyak didapatkan seseorang yang tidak mengerti tentang sholat, gerakan sholat, rukun sholat, maka mereka menjadi tahu karenanya. Mereka belajar tentang bagaimana cara membaca surat yang benar, karena mereka mendengar imamnya membacanya dengan suara yang keras. Dan mereka belajar bagaimana membaca dzikir setelah melaksanakan sholat, sehingga mereka menghafalnya karena setiap hari melaksanakan sholat jama’ah. Dan jika suatu waktu mereka tidak mengerti akan hukum sholat, maka dengan sholat jama’ah dia bisa bertanya kepada salah satu jama’ah terkait dengan masalahnya.

7. Memotivasi orang yang biasa meninggalkan sholat jama’ah, karena dengan sholat jama’ah kita tahu mana yang sholat jama’ah dan mana yang tidak sehingga dengan begitu kita dapat mengunjungi orang-orang yang tidak melaksanakan sholat jama’ah dan memberikan petunjuk serta nasehat kepadanya untuk melaksanakan sholat jama’ah. Ini merupakan sebuah hal yang terpuji dalam agama sebagaimana yang disebutkan di dalam surat An-Nashr:
وَتَوَاصَواْ بِٱلحَقِّ وَتَوَاصَواْ بِٱلصَّبرِ العصر: ٣
Dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (Q.S. Al-‘Asr: 3)

8. Dengan jama’ah berarti kita membiasakan untuk berkumpul dan tidak berpisah, karena semua masyarakat bersatu untuk taat kepada pemerintah. Dan sholat jama’ah merupakan sebuah himpunan pemerintahan yang kecil, dimana mereka tunduk kepada satu imam. Apapun yang dilakukan oleh imam, maka mereka harus melakukannya. Yang demikian itu secara otomatis memberikan sebuah pembelajaran untuk kita taat kepada pemerintah.

9. Sholat jama’ah mengajarkan kepada seorang muslim untuk bagaimana dia menata dirinya, karena dengan sholat jama’ah seseorang akan membiasakan diri untuk mengikuti imamnya sedikit demi sedikit dimana dia dilarang untuk melaksanakan takbir sebelum takbir imam, tidak boleh ruku’ sebelum ruku’ imam, tidak boleh mendahului dan tidak boleh terlambat dengan gerakan yang banyak dengan 2 rukun lebih. Yang demikian itu memberikan pelajaran kepada dirinya untuk segala sesuatu harus mengikuti dengan arahan agamanya. Yang demikian itu berfungsi untuk melatih dan membenahi dirinya serta menatanya.

10. Dengan sholat jama’ah maka seorang muslim dapat membayangkan ketika mereka berada di dalam shaf jihad melawan orang-orang kafir ketika berperang melawan mereka. Shaf yang mereka terapkan adalah seperti shaf dalam sholat jama’ah tersebut.

11. Dengan sholat jama’ah seorang muslim dapat membayangkan persamaan hak diantara mereka dan di mata Allah SWT. Sebagaimana mereka dengan sholat jama’ah tidak dibedakan antara shof yang fakir dan miskin, yang pejabat ataupun tidak, para hakim maupun yang dihakimi, anak kecil maupun yang besar, laki-laki maupun perempuan. Sehingga dengan demikian mereka akan merasa dan dapat membayangkan bahwasanya mereka kedudukannya sama di mata Allah SWT dan tidak ada yang melebihi dari lainnya kecuali dengan bertakwa kepada-Nya.

12. Dengan sholat jama’ah kita dapat memperhatikan keadaan orang-orang sakit dan orang-orang fakir, karena kita dapat melihat teman-teman kita yang biasa melaksanakan sholat jama’ah. Jika mereka tidak hadir, maka kita akan bertanya tentang mereka. Dan jika mereka kebetulan sakit, kita dapat menyambanginya. Atau mereka dalam keadaan membutuhkan bantuan, kita dapat membantunya. Dan tatkala kita melihat sebagian jama’ah yang memakai pakaian yang jelek ataupun terdapat tambalannya, maka kita dapat melihat bahwasanya dia adalah seorang yang fakir miskin sehingga kita dapat membantunya. Dan tampak pula dari pantauan wajah maupun tubuh mereka bahwasanya mereka dalam keadaan lapar ataupun kenyang sehingga kita dapat memberinya makan dan lain sebagainya.

13. Dengan sholat jama’ah maka akan berkumpul seluruh kaum muslimin dalam satu masjid dengan harapan kumpulnya mereka bersama-sama dapat memantik keberkahan.

14. Dengan sholat jama’ah kita dapat membayangkan bagaimana para sahabat Nabi dan para Tabiin bersatu padu untuk tunduk kepada perintah Nabi sebagaimana semua makmum tunduk dan mengikuti gerakan satu orang imam.

15. Dengan sholat jama’ah kita dapat melaksanakan dan menunaikan sholat dalam keadaan penuh semangat. Yang demikian itu karena melihat jama’ah yang melaksanakan sholat dengan antusias.

16. Dengan sholat jama’ah kita mendapatkan pahala yang banyak dan pahala yang pasti, karena dengan sholat jama’ah maka pasti akan diterima sholat kita dan membuahkan pahala yang akan menggembirakan kita kelak di akhirat nanti.

17. Dengan sholat jama’ah akan memberikan satu pelajaran yang besar kepada kita didalam menghargai waktu.

18. Dengan sholat jama’ah kita dapat mendengarkan nasehat atau kita dapat berdakwah setelah melaksanakan sholat jama’ah kepada para jama’ah.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives