Website Resmi Habib Segaf Baharun

Ibrohim Bin Adham – Mengingat Kematian

ٍٍSuatu waktu Ibrohim bin Adham sedang berkelana, lalu tiba-tiba datang seorang tentara yang masih muda dan dia bertanya, “Di manakah tempat keramaian?“

Maka dijawabnya, “Tempat keramaian itu ada disana,” seraya menunjuk ke arah kuburan.

Setelah tentara tersebut mengetahui bahwa itu adalah kuburan, maka dia marah dan kembali lagi ke Sayyidina Ibrohim bin Adham dan memukulnya dengan gagang pedangnya, sehingga mengakibatkan kepalanya berdarah, lalu ditinggalkannya.

Hingga terdapat seseorang yang memberitahukannya bahwasanya yang dipukulnya itu adalah Sayyidina Ibrohim bin Adham. Maka kemudian dia menyesal dan dia meminta maaf serta mencium tangan dan kakinya.

Maka Sayyidina Ibrahim bin Adham berkata kepada anak muda tersebut, “Ketika engkau memukul kepalaku, aku meminta kepada Allah SWT agar engkau diberi surga. Karena aku tahu dengan engkau memukulku dan aku tidak membalasnya, berarti aku mendapat pahala.

Dan aku tidak menginginkan aku mendapatkan pahala darimu, sedangkan engkau mendapatkan keburukan dariku. Pergilah wahai anak muda! Aku telah memaafkan dan mendoakanmu.”

Pada saat itu, sahabat Salman Al-Farisi menjabat sebagai Amir dari beberapa kota-kota besar di Jazirah Arab, ketepatan mendengarkan kata-kata mereka. Kemudian sahabat Salman menghampiri mereka dan berkata, “Itukah kalian? Adapun aku adalah seseorang yang berasal daripada sesuatu yang sangat menjijikan, dan sebentar  lagi aku akan menjadi bangkai yang sangat menjijikan kemudian aku akan didatangkan di atas mizan.

Jika misalnya timbangan kebaikanku lebih berat daripada timbangan keburukanku, maka aku adalah orang yang mulia dan dimuliakan. Akan tetapi, jika timbangan kebaikanku lebih ringan daripada timbangan keburukanku, maka berarti aku adalah seorang  yang buruk dan tercela.”

Kata-katanya tersebut menggugah mereka dan menjadikan mereka bertaubat daripada apa yang mereka lakukan.


Semoga kita dapat meniru dan mengikuti jejak akhlak mulia mereka. Aamiin ya Mujibassaa’iliiin…

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives