Website Resmi Habib Segaf Baharun

Mengapa Seringkali Kita Enggan Bertafakkur?

المرأة-بين-دفة-الأديان-وتجلي-الحقيقة

Kecerdasan otak manusia itu terbagi menjadi dua, yaitu kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual. Sedangkan kecerdasan spritual itu dapat diperoleh dengan bertafakkur. Akan tetapi, banyak dari dari sekian manusia yang tidak mau bertafakkur.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwasanya bertafakkur merupakan pintu utama untuk mendapatkan keimanan yang sempurna dan mengenal akan kebesaran dan keagungan Allah SWT  serta sifat-sifat-Nya yang lain. Akan tetapi terkadang seseorang susah untuk bertafakkur, dan yang demikian itu karena beberapa sebab di bawah ini:

  1. Karena dia bodoh dalam agama, tidak mengetahui sifat-sifat Allah SWT, apa yang boleh dilakukan-Nya dan apa yang mustahil untuk-Nya, serta tidak mengerti akan perintah-perintah maupun larangan-larangan-Nya.
  2. Karena lemah keimanannya kepada Allah SWT dan juga kepada hari akhir sehingga dirinya tidak condong untuk beribadah.
  3. Karena jiwanya malas untuk melaksanakan berbagai macam ibadah apalagi bertafakkur yang membutuhkan kepada fokus, kejelian, dan ketelitian.
  4. Karena hatinya tidak membekas dengan bacaan Al-Qur’an, sehingga sulit baginya untuk bertafakkur.
  5. Karena banyak tertipu dengan tipuan-tipuan syetan serta panjang angan-angannya.
  6. Karena banyaknya fitnah pada diri seseorang dan terjerumus ke dalamnya serta karena terjerumusnya orang itu ke dalam lupa dan syahwat. Sehingga bagi orang yang seperti ini sulit untuk bertafakkur karena terlalu cinta dengan hidup sehingga menutup jalan baginya untuk bertafakkur.
  7. Karena terlalu cinta kepada dunia dan mabuk dengannya shingga menutup jalan bagi dirinya untuk bertafakkur.
  8. Karena selalu berkumpul dengan orang-orang yang fasik dan ahli maksiat sehingga sulit tergerak hatinya untuk bertafakkur.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives