Website Resmi Habib Segaf Baharun

Inilah Tafakkur yang Terlarang!

Bukan semua tafakkur diperbolehkan dan dianjurkan dalam agama. Ada tafakkur yang tidak boleh untuk kita melakukannya, yaitu jika bertafakkur tentang Dzat Allah SWT dan sifat-Nya dari segi bagaimana bentuk-Nya,dan bagaimana cara-Nya, baik tentang wujud-Nya maupun sifat-sifat-Nya yang tidak terjangkau oleh manusia dan tidak mungkin akan dapat dijangkau. Setiap kali kita merenungkan dan memikirkannya, itu akan membawa kita kepada kezindikan bahkan kepada kemusyrikan.

Karena yang demikian itu akan membawa kita kepada penyerupaan, sedangkan kita memiliki pengetahuan yang sangat terbatas dibandingkan dengan pengetahuan Allah SWT yang sangat luas. Maka dari itu tidak mungkin kita dapat mengetahui tentang Dzat Allah SWT yang sebenarnya. Dan oleh karenanya, Nabi melarangnya dan melarang tentang merenungkan dan memikirkan serta bertafakur terkait dengan Dzat-Nya. Sesuai dengan sabda Nabi :

قال النبي عليه الصلاة والسلام : تَفَكَّرُوا فِي خَلقِ الله وَلَاتَتَفَكَّرُوا فِي الله فَإِنَّكُم لَن تقدِرُوا قَدرَهُ. (رواه أبو نعيم)

Bertafakkurlah kalian didalam keagungan dan kebesaran ciptaanAllah SWT, dan janganlah sekali-sekali kalian bertafakur didalam Dzat-Nya karena kalian tidak mungkin akan mampu untuk melakukannya dan menjangkaunya. (H.R. Abu Nu’aim)

Semoga kita semua termasuk yang dimudahkan oleh Allah SWT untuk bertafakur didalam kebesaran dan keagungan-Nya serta keindahan dan kesempurnaan ciptaan-Nya. Dengan demikian kita termasuk yang bertambah keimanan dan ketaqwaannya, serta selalu bertambah cinta dan rindunya kepada Allah SWT sehingga kita juga termasuk yang dicintai dan dirindukan-Nya. Aamiiin Ya Mujiibassaa’iliin…

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives