Website Resmi Habib Segaf Baharun

Sasaran Bisikan Syaitan! Siapakah?

Ketahuilah bahwasanya hati perumpamaannya seperti menara yang didirikan yang mempunyai pintu-pintu masuk dari berbagai macam keadaan.

Dan diumpamakan juga seperti sebuah sasaran yang menjadi sasaran panah dari segala arah. Atau seperti cermin yang akan tampak gambar dalam cermin itu setiap hal yang ada di depannya. Satu gambar demi satu gambar dan sama sekali tidak akan sunyi daripada gambar-gambar yang ada dimukanya. Baik gambaran, khayalan atau lintasan semuanya bermuara daripada panca indera atau dari batinnya.

Dari panca indera, misalnya apapun yang dilihat oleh manusia, yang didengar oleh manusia, yang dirasakan oleh manusia, ataupun yang dicium oleh manusia begitu pula yang diraba oleh manusia pasti akan terlintas dalam hatinya. Dan lintasan-lintasan itu menjadi sebab atau menjadi pintu terbuka untuk syaitan menggoda orang itu. Atau dari batin seperti hayalan, hawa nafsu, marah, maupun tabiat akhlak yang tersusun pada diri manusia.

Maka kapan hal itu terlintas pada hati manusia, menjadi sebuah pintu jalan syaitan menuju masuk untuk membisiki dan menggoda manusia itu.

Kesimpulannya bahwasanya hati itu akan selalu menjadi sasaran daripada lintasan-lintasan yang diciptakan oleh syaitan dengan sebab-sebab dzohir yang bermuara kepada panca indera atau dengan sebab-sebab batin yang bermuara pada hawa nafsu serta tabiat manusia. Dan hal itu terus menerus berlaku pada diri manusia sehingga dia mati nanti.

Karena lintasan-lintasan hati itulah yang menggerakkan kemauan dan niat serta azzam, begitu pula kemauan itu akan terlaksana setelah terlintas di dalam hati. Maka semua tindakan serta ucapan bermuara dan berasal daripada lintasan, dan lintasan itu akan menggerakkan kemauan, dan kemauan akan menggerakan keinginan, dan keinginan itu akan menggerakkan niat seseorang dan niat itulah yang menggerakkan seluruh anggota badan untuk melakukan sebuah tindakan atau ucapan.

Yang perlu diketahui bahwasanya lintasan yang mengerakkan keinginan dari seorang manusia untuk berbuat kebaikan itu disebut dengan ilham dan itu berasal daripada malaikat yang memang Allah SWT ciptakan untuk memberikan lintasan-lintasan yang baik pada diri manusia serta memberikan wawasan kepadanya untuk menolak apa yang dibisikkan oleh syaitan.

Sedangkan bisikan-bisikan ataupun lintasan-lintasan yang mengarahkan dan memerintahkan seorang manusia untuk berbuat sebuah keburukan yang berupa dosa dan noda, maka hal itu disebut dengan was-was dan itu berasal daripada syaitan. Keduanya merupakan ciptaan Allah SWT untuk menguji manusia. Dengan keduanya itulah maka Allah SWT akan menentukan hamba-hamba-Nya yang layak untuk dimasukkan ke dalam syurga-Nya dan hamba-hamba-Nya yang layak untuk dimasukkan ke dalam neraka-Nya.

Memang pada dasarnya Allah SWT menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan sesuai dengan firman-Nya:

قال الله تعالى : وَمِن كُلِّ شَىءٍ خَلَقنَا زَوجَينِ (الذاريات: ٤٩)

“Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan.” (QS. Adz-Dzariyat:49)

Maksud daripada ayat itu adalah Allah SWT menciptakan lintasan baik sekaligus lintasan yang buruk. Allah SWT menciptakan malaikat yang melintaskan kebaikan dalam hati yang disebutkan dengan ilham dan Allah SWT juga menciptakan syaitan yang melintaskan pada hati manusia berupa lintasan-lintasan untuk berbuat keburukan dan itu disebutkan dengan was-was.

Allah SWT menciptakan malam dan siang, Allah SWT menciptakan laki-laki dan perempuan. Hanya Allah SWT saja yang tidak mempunyai pasangan, selainnya diciptakan berpasang-pasangan. Dialah Dzat yang Maha menentukan segala sesuatu dengan kebijaksanaan dan keselarasan.


Semoga kita semua dan kaum muslimin dihindarkan oleh Allah dari berlintas, berucap, atau pun bertindak dengan sesuatu yang tidak baik. Dan selalu diberi inayah, hidayah, dan taufiq-Nya agar selalu berbuat, bertindak, dan berlintas dengan sesuatu yang baik.

Aamiin Ya Mujiibassa’iliin…

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives