Website Resmi Habib Segaf Baharun

Hikmah Dan Manfaat Dari Khitan

Sebagaimana selalu saya jelaskan bahwasanya setiap syariat dalam agama islam ini pasti mengandung hikmah-hikmah yang sangat besar manfaatnya. Begitu pula dalam syariat khitan ini. Dimana ilmu medis dan juga para pakar dibidang kesehatan menyatakan dan membuktikan bahwasanya manfaat daripada khitan sangatlah banyak. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan syariat islam harus didahulukan terhadap apapun.

Diantara hikmah yang paling besar yang terkandung dalam khitan bagi anak tersebut adalah untuk menjelaskan kepada anak itu, bahwasanya syariat islam itu merupakan sebuah keharusan dan kewajiban yang harus didahulukan. Walaupun yang demikian itu dengan memotong sebagian tubuhnya dan menyebabkan darah bercucuran darinya serta merasakan sakit yang luar biasa.

Sedangkan hikmah bagi orang tua dari anak yang akan dikhitan adalah supaya dia benar-benar merasa bahwasanya tidak ada pilihan lain tatkala Allah memerintahkan dengan suatu perintah yang berkaitan dengan putranya. Mau atau tidak mau, senang atau tidak senang harus tetap dilaksanakan walaupun ketika anak itu dikhitan menangis, menjerit histeris karena kesakitan, bahkan terkadang anak itukabur ketika akan dikhitan hal itu harus dilaksanakannya. dan diantara hikmahnya juga adalah menanamkan pelajaran kepada anak yang dikhitan bahwasanya nantinya dia akan mendapatkan kebahagiaan setelah melakukan kewajibannya terhadap Allah, dikarenakan bukankah  setelah anak itu dikhitan biasanya akan dilangsungkan sebuah walimah yang disebut walimatul khitan. Disitulah seorang anak yang dikhitan akan mendapatkan hadiah atau amplop yang berisi uang yang diberikan oleh para undangan yang hadir dalam acara itu. Sehingga dia merasa senang dan gembira karenanya, yang demikian itu adalah untuk memberikan sebuah keyakinan dan pelajaran kepada anak tersebut di masa yang akan datang, bahwasanya tatkala dia melaksanakan sebuah syariat yang diwajibkan atasnya, walaupun dalam pelaksanaanya harus menyengsarakan dirinya ataupun berkorban karenanya, maka yang akan diraihnya setelah itu adalah kebahagiaan dan kesenangan, Sebagaimana senangnya seorang anak yang dikhitan tatkala dia mendapatkan amplop yang banyak dari para undangan. Sampai-sampai karena itu banyak anak kecil yang ingin cepat dikhitan oleh orang tuanya dengan harapan mereka mendapatkan amplop dari para undangan.

  1. Khitan membuat seorang laki-laki lebih mudah untuk membersihkan organ intimnya atau kemaluannya. Dengan begitu akan mudah baginya menjaga kemaluannya dari penyakit menular yang sangat mematikan.
  2. Mencegah terjadinya infeksi. Sebagaimana dijelaskan di dalam sebuah ilmu kedokteran bahwasanya infeksi saluran kemih lebih banyak menyerang kepada pria yang organ kemaluannya tidak dikhitan.
  3. Khitan dapat menjaga kemaluan daripada berbagai macam penyakit. Sebagaimana telah dinyatakan oleh para pakar kesehatan dalam penelitiannya bahwsanya setiap orang yang dikhitan memiliki resiko lebih rendah 2-3 kali lipat terkena penyakit AIDS daripada laki-laki yang tidak atau belum dikhitan. Karena salah satu penularan virus HIV adalah melalui alat kelamin. Dan Pada laki-laki yang dikhitan, kulit kelaminnya akan memiliki sel-sel yang lebih tahan terhadap kemampuan virus HIV untuk masuk ke dalam tubuh. dengan begitu, kesempatan virus HIV masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Dan resiko terkena virus HIV atau AIDS akan menurun darinya.
  4. Menghindarkannya daripada kanker penis.

Ilmu medis akhir-akhir ini telah membuat sebuah penelitian bahwasanya laki-laki yang tidak dikhitan pada ujung penisnya akan menumpuk kotoran (smegma). Jika smegma itu tidak atau jarang dibersihkan, akan menyebabkan iritasi jaringan sekitarnya. Dan iritasi tersebut berlangsung terus menerus (kronis). Sehingga dapat mengubah sel menjadi sel kanker yang berbahaya. Dengan demikian, jika seorang laki-laki telah dikhitan akan menurunkan resiko kanker penis pada dirinya.

  1. Menghindarkan dari kanker prostat.

Juga telah disebutkan dalam penelitian sebuah medis bahwasanya khitan sebelum melakukan hubungan seksual yang pertama dapat melindungi kemaluan dari serangan kanker prostat. Maka penelitian ini telah menunjukkan bahwa khitan dapat menghambat infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan kanker prostat tersebut. Dari dinyatakan berdasarkan dari penelitian itu juga telah dibuktikan bahwasanya pria yang dikhitan sebelum hubungan seksual pertama mereka: Pertama, mereka memiliki 12% penurunan resiko untuk berkembang biaknya sel kanker. Sedangkan 18% penurunan resiko untuk  mengembangkan kanker prostat yang lebih agresif. Dan tidak demikian kepada seorang laki-laki yang belum berkhitan.

  1. Menurut ilmu medis, juga telah dibuktikan bahwasanya pria yang sudah dikhitan, berdampak positif bagi pasangannya yaitu dalam hal ini istrinya. Dimana sebuah penelitian dalam ilmu medis telah membuktikan bahwasannya wanita yang pasangannya telah dikhitan, memiliki resiko yang lebih rendah mengalami kanker serviks. Dan menurut pengakuan para pasangan wanita, mereka lebih puas ketika pasangannya itu telah dikhitan dan tidak menyebabkan infeksi maupun segala macam bakteri yang akan menyebabkan kanker serviks dan lain sebagainya.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives