Website Resmi Habib Segaf Baharun

Tips-tips agar bisa bangun malam

Bangun malam adalah sebuah nikmat yang Allah karuniakan pada hamba-hambanya yang dipilih dan  tak mudak seseorang untuk istiqomah melaksanakannya.maka disni ada sedikit tips-tips yang mungkin bisa membantu untuk bangun malam.Di antara sebab-sebab yang dapat membantu seseorang untuk melaksanakan bangun malam adalah sebagai berikut:

  • Pertama, hendaknya dia tidur tidak terlalu larut malam sehingga membantunya untuk bangun pada akhir malam.
  • Kedua, hendaknya dia termotivasi untuk melaksanakan bangun malam supaya dia terlepas dari ikatan-ikatan setan.Dengan dia berniat untuk benar-benar bangun malam pada malam itu, dengan memasang alarm atau memerintahkan seseorang untuk membangunkannya pada waktunya.

Dan termasuk motivasi untuk dia itu bangun malam adalah supaya dia terlepas dari ikatan-ikatan setan sehingga tidak dikendalikannya berdasarkan hadits Nabi y:

رَجُلٌ مِنْ أُمَّتِي يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ يُعَالِجُ نَفْسَهُ إِلَى الطَّهُورِ وَعَلَيْهِ عُقَدٌ ، فَإِذَا وَضَّأَ يَدَيْهِ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِذَا وَضَّأَ وَجْهَهُ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، وَإِذَا مَسَحَ رَأْسَهُ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، وَإِذَا وَضَّأَ رِجْلَيْهِ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَيَقُولُ اللَّهُ جَلَّ وَعَلا لِلَّذِين من وَرَاءِ الْحِجَابِ : انْظُرُوا إِلَى عَبْدِي هَذَا يُعَالِجُ نَفْسَهُ لِيَسْأَلَنِي ، مَا سَأَلَنِي عَبْدِي هَذَا فَهُوَ لَهُ. (رواه الترمذي و ابن حبّان)

“Seseorang di antara umat-Ku bangun pada malam hari, dan tidak berusaha untuk bersuci serta pada dirinya beberapa ikatan sehingga jika dia itu membasuh kedua tangannya maka lepaslah ikatannya. Dan jika ia membasuh wajahnya terlepas pula ikatan berikutnya. Dan jika ia mengusap kepalanya maka terlepas ikatan yang ada di kepala. Dan selanjutnya jika ia membasuh kedua kakinya maka terlepaslah semua ikatannya. Hingga Allah lberkata kepadanya dari balik hijab, “Lihatlah kalian kepada hamba-Ku ini! Dia berusaha melepaskan diri dari ikatan dan dia memohon kepada-Ku apa yang dia inginkan, maka Aku kabulkan untuknya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

  • Ketiga,hendaknya dia menghindari segala macam dosa, karena di antara akibat dari sebuah dosa adalah dijauhkan dan diharamkan dari kebaikan. Sehingga dikatakan oleh Ibrahim Bin Adham vkepada seorang yang mengadu bahwa ia tidak pernah bisa bangun malam, “Tinggalkan kemaksiatan pada siang hari, maka Allah akan memberikanmu taufik untuk bangun pada malam hari. Karena sesungguhnya, berdirinya engkau di depan Allah pada malam hari, termasuk kemuliaan yang paling agung. Sedangkan, orang yang bermaksiat tidak berhak mendapatkannya.”
  • Keempat, hendaknya ketika dia tidur, bertumpu pada badan bagian kanan. Yang demikian itu membantunya untuk bangun malam.
  • Kelima, hendaknya pada malam hari dia tidak makan yang banyak. Karena makan banyak menyebabkan tidur nyenyak, sehingga kemungkinan besar dia tidak akan bangun malam.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives