Website Resmi Habib Segaf Baharun

Jangan takut dimusuhi

Seorang yang sholeh itu, dia tidak merasa heran jika ada yang memusuhinya, karena orang yang di irii, dimusuhi, dan dibenci tidak terlepas dari dua hal. Yang pertama, mereka dimusuhi karena kenikmatan yang mereka miliki. Dan yang kedua, mereka dimusuhi karena mereka orang-orang yang sholeh dan baik, sementara sejak zaman dahulu hingga kini, setiap orang sholeh selalu dimusuhi oleh orang-orang yang tidak baik. Para Nabi saja selalu dimusuhi oleh umatnya, begitu pula para sholihin dan para ulama’.

Akan tetapi, di sisi lain, mereka selalu mengevaluasi diri. Jangan-jangan yang menjadi sebab kebencian mereka kepada kita memang benar-benar ada pada diri kita berupa dosa. Karena memang akibat dari semua dosa adalah kesengsaraan yang kembali kepada diri kita sendiri, dan di antara bentuk kesengsaraan adalah kita dibenci dan tidak disukai oleh banyak orang.

Dan dari sisi yang berbeda, mereka justru bersyukur kepada Allah , karena dengan begitu mereka telah mengalami apa yang telah dialami para Nabi, para ulama’ dan para sholihin. Begitulah keadaan para Nabi dan para ulama’ sejak dahulu hingga kini, selalu dipuja dan dibenci. Mereka dipuja dan dicinta oleh orang-orang yang cinta kepada kebaikan, dibenci dan dimusushi oleh orang-orang yang senang dengan kemaksiatan.

Bahkan orang sholeh itu selalu menjadikan kebencian seseorang atau perilaku yang tidak baik yang terarah kepada mereka sebagai sebuah tantangan untuk benar-benar menerapkan ajaran dan penerapan syariat yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad . Sebagaimana Nabi y bersabda di dalam haditsnya:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ قاَلَ لِي رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ اْلحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.” (رواه الترمذي)

“Bertakwalah kepada Allah ldi manapun kamu berada, dan balaslah keburukan dengan kebaikan, pasti akan menghapusnya. Serta berakhlaklah kepada semua orang dengan akhlak yang baik.” (HR. At-Tirmidzi)

Semoga kita semua termasuk yang terhindar dari kebencian sesama saudara muslim, dan termasuk yang saling mencinta dan membenci karena Allah . Aamiin Ya Mujiibassa’iliin…

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives