Website Resmi Habib Segaf Baharun

Hindari makan berlebihan

  Makan secara berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk, dan rasa kantuk akan menjadikan seseorang akhirnya tertidur karenanya. Dengan tidurnya, maka dia akan kehilangan banyak kesempatan kebaikan, sehingga dikatakan dalam sebuah pepatah :

فَاتَكَ الْغَنَائِم يَا نَائِم!

“Telah hilang banyak kesempatan bagimu, wahai orang yang tidur!”

Dan sebagian ulama’ telah berkata:

مَنْ أَكَلَ كَثِيْرًا, شَرِبَ كَثِيْرًا. وَ مَنْ شَرِبَ كَثِيْرًا, نَامَ كَثِيْرًا. وَ مَنْ نَامَ كَثِيْرًا, لَقِيَ اللهَ خَاسِرًا.

Barangsiapa yang makannya banyak maka minumnya pun juga akan banyak dan barangsiapa yang minumnya banyak maka dia akan tidur banyak dan barangsiapa yang tidurnya banyak, dia akan bertemu dengan Allah dalam keadaan merugi.”

Dan para ulama’ berkata,“Bahwasanya penuhnya perut seseorang akan menutup kecerdasannya, sehingga dia tidak dapat berfikir dengan matang dan berfikir dengan jernih, serta berfikir dengan logis.”Itulah yang dikatakan oleh mereka.

Oleh karena itu, Sayyidina Ali Zainal Abidin , dia berkata,“Merasa lapar akan tetapi tidak berlebihan, itu dapat menyebabkan pelakunya mendapatkan ilmu-ilmu yang sulit didapatkan.”Dan para sholihin, mereka itu tidak berlebihan dalam makan, bahkan mereka cenderung banyak berpuasa karena mengikuti tauladan yang utama, yaitu Nabi kita Muhammad , dimana Nabi kerap kali berpuasa.Bahkan terkadang, jika tidak ada yang dimakan dirumahnya, maka dia ikat dengan batu di perutnya. Padahal Sayyidatuna ‘Aisyah sberkata,“Kalau seumpama Nabi y mau, pasti beliau bisa makan setiap waktu. Akan tetapi, beliau melaksanakan itu dengan tujuan supaya ditiru, bukan hanya karena tidak ada yang dapat dimakannya.” Apapun yang menjadi keadaan Nabi , itulah yang terbaik. Bahkan banyak dari kalangan para sholihin dan para auliya’ yang mereka itu engggan untuk makan yang banyak, karena merasa malu pada Allah  karena harus selalu masuk ke kamar mandi. Begitulah diantara ciri-ciri orang-orang sholeh.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives