Website Resmi Habib Segaf Baharun

Banyak Jalan Menuju Surga

Semua orang didunia itu pastilah mengetahui adanya surga, dan mereka juga menginginkan untuk memasuki surga tersebut. Bagi seorang hamba yang memiliki Tuhan mendapatkan syurga tersebut tidaklah mudah, banyak  amalan-amalan, kebaikan juga ibadah yang harus dilakukan untuk mendapatkan kenikmatan surga tersebut. karena banyak juga hal-hal yang akan menjerumuskan manusia untuk menuju keneraka.

Rasulullah SAW bersabda: Ada tiga hal yang dapat menyelamatkan hamba:

  1. Takutlah kepada Allah dalam keadaan Gaib maupun Syahadah.
  2. Adanya kesetaraan antara Ridho dan Ghadab.
  3. Hendaknya sama baiknya baik dalam keadaan Kaya ataupun Fakir.

Rasulullah SAW juga bersabda: Tiga hal yang dapat menghancurkan seseorang:

  1. شُحٌّ (sifat pelit walaupun kepada  diri sendiri).
  2. Hawa nafsu yang diikuti.
  3. Taajub pada diri sendiri.

Jika seorang hamba merasa takut kepada Allah maka dia akan merasa selalu diawasi oleh Allah sehingga dia memikirkan disemua tindakannya dsn hsl itu akan menguranginya untuk berbuat maksiat dan akan selalu menambah untuk ibadah kepada Allah.

Barang siapa yang takut kepada Allah maka dia akan diangkat, dan barang siapa yang telah diangkat Allah maka dia telah sampai kedudukannya.

Surga itu mahal, ketika keadaan sujud itu lebih lama daripada duduk diantara dua sujud dan ruku’ lebih lama daripada i’tidal, hal itu menunjukkan bahwa manusia itu hanyalah sekedar seorang hamba.

Sayyidina Abu Bakar Assiddiq pernah berpesan kepada Sayyidina Umar bin Khottob RA ketika mengangkat Sayyidina Umar menjadi seorang kholifah: Bertaqwalah kamu kepada Allah ketika memimpin manusia, Allah mempunyai Amalan yang diterima malam hari dan tidak diterima siang hari, bahwasanya Allah tidak menerima amalan sunnah sebelumdia melaksanakan kewajiban karena sesungguhnya amalan itu berat timbangan seseorang jika Allah menakdirkannya berat.

Rencana manusia itu hanya 15% terlaksana 85% Allah yang menakdirkan. Banyak orang-orang yang merencanakan sesuatu akan tetapi terjadi tidak seperti apa yang diinginkannya.

Sayyidina Ali Karomullahu Wajhah berkata: Enam hal yang jika dilakukan maka dia tidak akan tertinggal menuju surga: Dia mengetahui Allah SWT dan dia taat, dia mengenal syaitan dan dia melawan, dia mengetahui kebenaran dan diikuti, sesuatu yang batil dia jauhi, dunia ditinggalkan dan akhirat dikejar.

Manusia menjadi peran utama di muka bumi ini tanpa diberi tahu oleh sutradaranya tentang skenarionya dan hanya diberitahu akhirnya yaitu Ridha Allah dan juga Surganya.

Sumber: Al Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives