Website Resmi Habib Segaf Baharun

Dunia Yang Tercela

Dunia adalah musuh Allah dan musuh para wali-wali-Nya, bahkan musuh bagi musuh-musuh Allah.Dikatakan sebagai musuh bagi Allah Ta’ala dikarenakan memang dunia itu dapat mencegah dan menghambat beribadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu Allah tidak pernah memandangnya dengan rahmat semenjak Allah menciptakannya. Adapun permusuhannya kepada semua wali-wali Allah karena ia selalu berhias diri kepaa mereka dan berusaha untuk membutakan mata mereka  dengan keindahannya sehingga mereka berusaha dengan sekuat tenaga untuk melawannya dan memutuskan cinta dari hati mereka. Dan juga merupakan musuh dari musuh-musuh Allah dikarenakan dunia itu merupakan sebuah istidraj yang Allah Ta’ala sengaja menipu mereka sehingga mereka mengira dengan memiliki dunia merupakan sebuah kebikan baginya padahal hakikatnya menjadi sebab terjerumusnya mereka kedalam dosa demi dosa yang tiada henti dan juga menjerumuskan mereka kedalam keadaan keadaan mereka yang sama sekali tidak menduganya yang nantinya akan menyesalinya dengan penyesalan yang tiada henti dan tidak ada putus-putusnya karena ternyata dunianya menyebabkan mereka tidak bahagia selamanya. Itulah hakikat dunia.

Ketika dunian pergi dari seseorang, mereka akan menyesalinya mereka akan meminta tolong untuk melepaskan dunia itu darinya. Akan tetapi yyang terjadi adalah mereka tidak tertolong karena sudah tercengkeram dengan cinta dunia. Maka dari itu, perlu diketahui bahwasanya dunia disini yang tercela adalah jika kita mencintai dunia. Aapun jika kita tidak mencintainya dan dunia itu hanya ada ditangan kita, maka dunia semacam ini tidaklah tercela, adapun tercelanya dunia berdasarkan ayat-ayat dan hadits berikut ini:

Ayat-ayat didalam Al Qur’an yang menunjukan tercelanya dunia sangatlah banyak, bahkan kebanyakan Al Qur’an mengandung pencelaan kepada dunia dan berusaha memalingkan manusia agar tidak mencintai dunia serta lebih mengarahkan orientasi dan tujuan mereka kepada akhiratnya, bahkan tujuan utamma Allah mengutus para Nabi dan Rasul adalah untuk melmalingkan manusia untuk memalingkan dunia. sehingga jia kita renungi dan kita cermati ketika mmembaca Al Qur’an bahwasanya kebanyakan dari ayat Al Qur’an memalingkan mereka dari cinta kepada mengutamakan akhirat, karena dunia sangatlah tercela disisi Allah SWT. Adapun hadits-hadits Nabi mengenai tercelanya dunia adalah sebagai berikut:

(قال رسول الله صلى الله علىه وسلم الدنيا ملعونة ملعون ما فيها إلا ما كان لله منهز(رواه الترمذي وابن ماجة

Dunia itu telah dilaknat oleh Allah SWT dan telah dilaknat seluruh isinya kecuali yang diinfakkan untuk Allah. (H.R Tumudzi dan Ibn Majah).

Semoga kita termasuk yang mendapatkan dunia yang melimpah dan barokah dan nanti kelak diakhirat tidak ada hisabnya. Amin ya Mujibassailin.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives