Website Resmi Habib Segaf Baharun

Bakti Kepada Kedua Orang Tua Setelah Meninggalnya

Berbakti kepada kedua orang tua setelah meninggal, tetap hukumnya wajib. Yang demikian itu, dikarenakan keduanya memang mempunyai hak yang sangat besar kepada anak-anaknya, sebagaimana hal itu disampaikan oleh Nabi SAW di dalam hadistnya :

عَنْ أَبِي أُسَيْدٍ مَالِكِ بْنِ رَبِيعَةَ السَّاعِدِيِّ، قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي سَلَمَةَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَلْ بَقِيَ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا؟ قَالَ: «نَعَمْ الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا، وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا، وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا، وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا تُوصَلُ إِلَّا بِهِمَا، وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا (رواه إبن ماجة)

“ Diceritakan seseorang dari Bani Salamah datang kepada Nabi SAW, lalu dia berkata, ”Wahai Nabiyullah, apakah masih tersisa kebaktian kepada kedua orang tua setelah keduanya meninggal dunia? Maka Nabi SAW menjawab, “Iya, yaitu mendoakan keduanya, memintakan ampun untuk keduanya, menepati janji setelah kematiannya, memuliakan teman-temannya, menyambung tali silaturahminya yang kalau bukan karena keduanya tidak ada kekerabatan dengannya.” (H.R Ibn Majah)

Berdasarkan hadits tersebut di atas, maka ada beberapa perbuatan yang dianggap sebagai kebaktian seorang anak terhadap kedua orang tuanya setelah meninggal dunia yaitu sebagai berikut :

  1. Mendoakan kedua orang tua dan memintakan ampun untuk keduanya
  2. Bersedekah untuk keduanya
  3. Menepati janji keduanya jika pada waktu hidup kedua orang tuanya pernah ada sebuah janji yang diutarakan
  4. Membayarkan hutang-hutangnya
  5. Menghormati teman-temannya
  6. Menyambung tali silaturahminya

Banyak hal yang akan didapatkan oleh seorang anak ketika berbakti kepada kedua orang tuanya terkait dengan kebahagiaan dunia maupun akhirat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, maka akan sempurna keimanan seseorang dan keislamannya
  2. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, berarti kita telah melaksanakan sebaik-baik amal kebaikan
  3. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, berarti kita telah menggapai suatu jalan menuju surga
  4. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, berarti kita dipastikan mendapat keberkahan dalam harta dan keturunan
  5. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, maka pasti kita akan disebut dengan baik, baik di dunia maupun di akhirat
  6. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, maka kita akan mendapatkan anak-anak juga keturunan yang berbakti kepada kita
  7. Dengan berbakti kepada kedua orang tua akan menjauhkan kita dari segala macam bala’, melepaskan kita dari segala macam kesulitan dan akan melapangkan dada
  8. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, berarti kita telah mendapatkan ridhonya. Dan kalau kita sudah mendapatkan ridhonya, pasti kita akan mendapatkan kebahagiaan karena semua kebahagiaan datangnya dari Allah. Sedangkan Allah ridho dengan keridhoan orang tua.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives