Website Resmi Habib Segaf Baharun

Kiat-Kiat Menguatkan Keyakinan dan Keimanan

Nabi Muhammad SAW diutus untuk membawa kebahagiaan, keamanan, kesejahteraan dan ketentraman. Dan Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan kepada kita bahwasannya yang namanya kebahagiaan, keamanan, kesejahteraan dan kesentosaan tidak akan mungkin diraih kecuali dengan keimanan dan keyakinan. Nabi SAW telah menjelaskan kiat-kiat bagaimana kita menguatkan keimanan dan keyakinan sehingga kita menjadi seorang yang merasa penuh dengan kebahagiaan walaupun orang melihat kita dalam keadaan sengsara dan kesedihan. Penuh dengan keamanan, kesejahteraan dan kesentosaan, walaupun mereka melihat kita tidak demikian. Adapun kiat-kiat tersebut adalah sebagai berikut :
1. Membiasakan diri kita untuk mendengar dan membaca Al Qur’an Al Karim serta hadits-hadits Nabi Muhammad SAW dengan cara memahami dan mengkaji serta meneliti makna dan hakikat daripada apa yang kit abaca. Baik yang terkait dengan keagungan Allah SWT serta kesempuranaan dan sifat-sifat yang mulia yang lainnya terkait dengan sifat Allah SWT di dalam mengurusi semua makhluk-Nya sendirian tanpa bantuan seorangpun. Dan juga terkait dengan sifat para Rasul dari mulai kebenarannya, kejujurannya, kesempurnaannya dan apa yang telah Allah SWT berikan dan anugerahkan dari berbagai macam mu’jizat serta pembelaan Allah SWT terhadap mereka dari tipuan-tipuan dan kejahatan-kejahatan umatnya, dan apa yang Allah SWT balaskan kepada para penentang Nabi dan Rasul yang pernah diutus oleh Allah SWT dari berbagai macam adzab dan bala’ yang terjadi kepada mereka sebagaimana hal itu diceritakan di dalam Al Qur’an maupun hadits. Yang demikian itu akan menambah keimanan dan keyakinan kita kepada Allah SWT yang mampu dan berkuasa untuk melaksanakan semua kehendak-Nya dan semua keinginan-Nya
2. Kita selalu berusaha untuk bertafakkur dan memandang semua ciptaan Allah SWT, baik yang ada di permukaan bumi maupun di atas langit guna mengetahui keagungan-Nya, dimana terdapat banyak hal yang Allah SWT ciptakan yang tidak kita mengerti. Dan setelah kita mengerti dan memahaminya, maka kita akan mengucapkan subhanallah karena saking takjubnya kita terhadap ciptaan-Nya dan keagungan-Nya.
3. Dengan melaksanakan semua arahan dan himbauan serta perintah daripada Allah SWT yang tersebut dalam Al Qur’an maupun hadits Nabi Muhammad SAW. Dengan kata lain melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, ditambah menerapkan kiat pertama dan kiat kedua yang disebutkan sebelumnya sehingga kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan semua yang diperintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya serta meyakini bahwa semua yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya itu benar. Yang demikian itu tidak mungkin akan terlaksana kecuali dengan cara mujahadah melawan hawa nafsu kita, membiasakan diri kita memaksakan diri untuk percaya dengan apa yang disampaikan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya di dalam syariat islam ini sehingga lambat laun akan menjadi sebuah kebiasaan dan akan menjadi sebuah tabiat.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Streaming

Buku Karya Al Habib Segaf Baharun,M.H.I

JADWAL STREAMING

UMROH 2018

Video Ceramah

Audio Ceramah

KONTAK KAMI :

Archives