Profil Habib Segaf

dddddSelama di Madinah, ia merasakan kesan yang mendalam. Apalagi di tempat Rasulullah SAW pernah hidup dan dimakamkan. Ayahandanya pernah berpesan sebelum berangkat ke Madinah, “”Kamu lakukan dua hal, pertama berbaktilah dengan guru kamu. Dalam bakti pada ulama selama satu jam itu lebih baik dari belajar selama satu tahun. Yang kedua, kamu bersihkan hati. Karena hati yang sudah bersih hatinya, maka orang itu sudah siap menerima ilmu pelajaran,” kata Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

“Itu luarbiasa dan terkesan betul. Kita bisa mengamalkan sunnah di tempat sumbernya sunnah. Kita merasa benar-benar teristimewakan dengan ada di tempat itu. Ada suasana ruhani yang berbeda, dengan di tempat lain, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW, ’Keberkahan kota Madinah itu lebih bila dibandingkan dengan kota Mekkah dan kota-kota yang lainnya’,” katanya.
Kalau di Madinah, ia memperdalam ilmu fiqh (ibadah, syariah dan muamalat), ilmu alat (nahwu, shorof, balaghah) dan tasawuf. Ia berguru dengan Habib Zein bin Smith dan habaib lainnya seperti Habib Salim Asy-Syatiri, Habib Muhammad Al-Hamid, Habib Abdullah Ba’bud, Habib Abdullah Al-Masyhur, Syeikh Muhammad Fal As-Sinkiti dan lain-lain

Mengenai sosok Habib Zein bin Smith, ia sangat terkesan. ”Kita belajar di Ribath tak pernah keluar. Beliau adalah seorang alim yang sejati. Orang yang mengamalkan dengan ilmunya. Habib Zein, semua waktunya dipenuhi dengan amal ibadah. Kalau tidak mengajar, beliau berdzikir. Saya lihat, kalau di mobil beliau berdzikir, sambil menunggu orang, sambil berjalan, waktu luangnya banyak diisi dengan banyak berdzikir.”

Habib Zein seorang pendidik yang dzahir dan bathin. Dan muthalaah ilmu dari kitab justru banyak diperoleh lewat mimpi. “Kadang beliau menyuruh untuk membaca kitab-kitab tertentu dalam mimpi.”
Yang mengesankan dari Habib Zein adalah beliau tidak mau tunduk dengan orang-orang kaya dan pejabat. Ilmu adalah di atas segalanya. “Sekarang kita lihat ulama, dikejar-kejar oleh dunia, tapi dia tidak mau, maka makin dikejar-kejar oleh dunia. tapi mereka-mereka yang berangkat dari pagi kerja sampai malam tapi belum selesai. Tapi berkat agama Allah, kalau kalian bantu agama ini, pasti Allah akan bantu kalian. Di sini kita mulya, apalagi di akhirat nanti.”

Ada satu kenangan yang tak terlupakan, karena putra–putra dari Habib Hasan Baharun telah dianggap anak oleh Sayid Muhammad bin Alwi Al Maliki Al-Hasani. Jadi kalau dirinya ke Mekkah ia menginap di kediaman Sayid Muhammad bin Alwi Al Maliki Al-Hasani dan sekaligus bertabarukan. “Kadang bisa sebulan. Kalau Abuya datang ke Madinah, ia dipanggil disuruh hadir di majelisnya bahkan sampai kebutuhan kita pun diperhatikan.”

Sepulangnya dari Madinah, ia banyak mengurusi pondok putri dan membatu pondok putra. Di pondok putra ia mengajar masalah fiqh, faraid, fikrunnisa, dan lain-lain. “Kita ini ulama yang mengurusi banyak umat, banyak kita saksikan yang masuk partai. Kasihan umat,“katanya dengan nada penuh prihatin.

Habib Zein juga pernah berpesan kepadanya ketika akan pulang ke Indonesia, “Ya Segaf, jangan pernah engkau berhenti belajar. Belajarlah dengan tetap dengan guru-guru kamu dahulu. Kamu belajar lagi kepada mereka.”

Akhirnya beliau sepulangnya dari Madinah, selain mengajar ia juga masih belajar lagi dengan guru-guru Beliau seperti Ustadz Qaimudin Abdullah, KH Asrori, Habib Husein bin Abdullah bin Muhammad Assegaf dan lain-lain. Dalam menuntut ilmu ia merasa kurang dan terus ingin menuntut ilmu. Ia teringat pesan sabda Rasulullah Saw dimana beliau berdoa dengan sangat terkenal, ”Robbi zidni ‘ilma, warzuqni fahmah (Ya Allah tambahkanlah ilmu dan rizki hamba).

10 Comments on Profil Habib Segaf

  1. h.hasbullah.ss // June 23, 2015 at 10:39 pm // Reply

    Subhaanallah….semoga habib segaf baharun selalu rahmat Allah SWT….aminnnnn

  2. Mahdi banjar // June 30, 2015 at 1:36 pm // Reply

    Semoga habib dan keluarga selalu dalam lindungan Alloh

  3. Bint Farhan // July 8, 2015 at 10:59 am // Reply

    حفظه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه في الدارين

  4. Masya Allah Ust Segaf…. Semoga selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT….

  5. Tgl dan bulan kelahiran ustadz Segaf Baharun sama dgn putri pertama ana.

  6. akmal arifin // October 22, 2015 at 3:36 am // Reply

    ahlan ya habib smoga sehat selalu amin ya rabb….

  7. Subhanaalah…semoga selalu di berikan keberkahaan allah..

  8. ahmad alhabsy // February 24, 2016 at 1:39 pm // Reply

    من باهارون عرفت العرابية
    الى باهارون تعلمت الشريعة

    من باهارون وصلت الإيجب
    الى باهارون نلت الأداب
    من باهارون درست الأخلاق
    الى باهارون حزن اﻹيفاق

    من باهارون خدمنا الطلاب
    الى باهارون لقينا اﻷقطاب

  9. Subhanallah!!!

  10. Assalamualaikum Habib.
    Teriring salam hangat penuh hangat saya di Ube city Japan, dengan penuh kerendahan hati saya haturkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1437 H. “taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum”
    Mohon doanya selalu agar studi S3 saya disini diberi kemudahan, kelancaran dan keringanan jalan penuh rahmat taufik dan barokah Allah SWT. Aamiin. Shallahu ala Muhammad.
    Wassalam,
    Tun Ahmad Gazali
    Ube International House B-201
    2-18-1 Tokiwadai
    Ube shi
    Yamaguchi Ken 755-0097
    JAPAN

Leave a comment

Your email address will not be published.

*